Capella Honda Kembali Bekali Pelajar SMP Sederajat dengan Safety Riding

Pemaparan materi safety riding oleh Budi Winarto selaku instruktur safety riding Capella Honda

Batam – terus lanjutkan kampanye safety riding, PT Capella Dinamik Nusantara selaku Main Dealer Sepeda Motor Honda Wilayah Kepulauan Riau kembali mengadakan training bertajuk Safety Riding. Kali ini safety riding training di kalangan pelajar di wilayah Kota Batam tingkat SMP sederajat.

“Harus mengurangi kecepatan Om” jawab seorang siswa SMP Negri 40 ketika Instruktur Safety Riding dari PT. Capella Dinamik Nusantara mengajukan pertanyaan tentang apa yang harus dilakukan saat telanjur masuk bind spot.

Ya, di awal Maret ini Tim Safety Riding Capella Honda mengunjungi SMP Negri 40 Piayu disusul MTs Bina Ummah Batu Aji.

Diawali edukasi di SMP Negri 40 yang diikuti 200 orang siswa-siswi sekolah tersebut, Tim Safety Riding Capella Honda melanjutkan program edukasi keselamatan berkendaranya ke sekolah-sekolah di wilayah Kepri. SMP Negri 40 merupakan sekolah ke empat yang dikunjungi sejak program Honda Safety Riding goes to School di tahun 2017 digelindingkan.

Peserta begitu interaktf selama acara berlangsung

Sedangkan MTs Bina Ummah yang bernaung di bawah yayasan Bina Ummah sebenarnya sudah berdiri sejak delapan tahun lalu. Namun baru terendus keberadaannya baru-baru ini saja. Selain lokasinya yang berada di dalam perumahan, plang petunjuk arahnya pun tersamar keberadaan plang-plang petunjuk yang lain.

Seperti halnya MTs Batamiyah kampung Bagan, MTs Bina Ummah punya keunikan tersendiri saat pembukaan acara. Kalau di MTs Batamiyah ada hadroh, di MTs Bina Ummah acara dibuka dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an oleh seorang siswa.

Dan yang paling luar biasa adalah sambutan dari Ketua Yayasan yang telah berusia 86 tahun! Iya, benar. 86 tahun, dan masih tampak sehat dan lancar berbicara.

Pemberian piagam penghargaan dari pihak Sekolah MTS Bina Ummah Ke Honda Capella oleh Ketua Yayasan

Meski acara sedikit molor karena di hari yang sama juga ada pemaparan dari perusahaan lain, namun secara keseluruhan acaraberlangsung dengan lancar dan tertib. Para siswa tampak sungguh-sungguh menyimak paparan instruktur Safety Riding Capella Honda. Apalagi saat diputar video tentang bahaya yang bisa muncul saat berkendara.

Tanya jawab seputar safety riding untuk para peserta

Saat sesi tanya jawab terungkap bahwa tidak semua peserta tahu tentang bahaya blindspot (titik buta). Bahkan yang sudah menggunakan sepeda motor sekalipun belum tahu apa itu blindspot. Blindspot sendiri secara harfiah adalah titik buta, atau titik dimana seorang pengendara tidak terlihat atau melihat oleh pengguna jalan yang lain. Bahayanya adalah jika si pengendara tidak sadar kalau ia masuk blindspot, atau pengguna jalan tidak waspada terhadap kendaraan lain yang masuk blindspot nya.

“Darimana kita tau kalau kita masuk blindspot ?” tanya seorang peserta.

“Salah satu caranya adalah dengan melihat kaca spion dari kendaraan di depan kita” Jawab instruktur Safety Riding Capella Honda Budi Winarto.

“Jika saat kita di samping belakang sebuah kendaraan dan kita tidak melihat wajah si pengemudi, maka dipastikan kita masuk area blindspot”, lanjut Budi Winarto.

“Kalau kita bisa melihat wajah si pengemudi di kaca spion kendaraannya maka kita tidak masuk area blindspot. Lebih baik lagi kalau kita bisa kontak mata dengan pengemudi tersebut, karena dengan begitu kita dapat memastikan dia melihat kita sehingga mencegah si pengemudi bermanuver yang bisa membahayakan kita”, tutup Budi Winarto.

Selain memberikan edukasi keselamatan berkendara, PT. Capella Dinamik Nusantara selaku Main Dealer sepeda motor Honda wilayah Kepri juga memberikan bantuan untuk operasional sekolah berupa majalah dinding untuk SMP Negri 40 dan 1 set speaker aktif plus wireless mikrofon untuk MTs Bina Ummah. Selanjutnya tim Safety Riding Capella Honda akan memberikan edukasi keselamatan berkendara di SMK Permata Harapan dan SMK Widya 3, masih di bulan Maret ini.

Pemberian Lucky Draw berupa Helm Kepada Peserta Sekaligus simbol Keselamatan berkendara

Top Posts:

This entry was posted in Capella Honda and tagged , , , . Bookmark the permalink.

1 Response to Capella Honda Kembali Bekali Pelajar SMP Sederajat dengan Safety Riding

  1. Pingback: Manajemen Astra Motor Yogyakarta Serahkan Unit Honda CRF250RALLY Kepada Konsumen Pertama | The Green Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published.