Tingkatkan Skill Berkendara Komunitas Motor Sport, Astra Motor Yogyakarta Gelar Pelatihan Safety Riding

Yogyakarta – Astra Motor Yogyakarta selaku Main Dealer Honda wilayah DIY, Kedu, dan Banyumas kembali menegaskan komitmennya dalam menyebarkan semangat dan perilaku aman berlalulintas di jalan raya. Bersama dengan Komunitas Honda Big Bike Yogyakarta & Friends, Astra Motor Yogyakarta menggelar pelatihan safety riding khusus bagi anggota komunitas motor sport di Astra Motor Safety Riding Center Yogyakarta (4/2).

Pelatihan yang diikuti oleh 25 pengendara motor sport ini dilandasi atas kesadaran bahwa keselamatan berlalulintas adalah tanggung jawab setiap individu yang ada di jalan. Tak terkecuali dengan anggota komunitas yang berkendara dengan mobilitas tinggi baik sebagai sarana transportasi ataupun sebagai hobi. Ancaman keselamatan berkendara bisa datang dari diri sendiri, orang lain ataupun lingkungan dimana seorang pengendara berada.

“Peserta pelatihan kali ini merupakan anggota komunitas yang sudah sering melakukan perjalanan touring ke berbagai daerah. Namun demikian ternyata masih banyak peserta yang belum pernah mendapatkan pelatihan safety riding sebelumnya. Melalui pelatihan ini diharapkan setiap peserta bisa memiliki skill, wawasan, dan kesadaran mengenai perilaku aman saat berkendara. Sehingga ke depannya masing-masing peserta dapat berkontribusi dalam menekan angka kecelakaan di jalan raya.” ungkap Safety Riding Supervisor Astra Motor Yogyakarta Muhammad Ali Iqbal.

Dalam pelatihan ini materi dibagi menjadi dua yaitu teori dan praktek. Pada sesi teori peserta diajak untuk mengenal persiapan, sikap, perilaku, resiko di jalan raya, hingga teori ketrampilan berkendara. Sedangkan untuk sesi praktek dibagi menjadi tiga materi yang meliputi braking, narrow plank, dan slalom course.

Melalui materi braking peserta diajak untuk menguasai ketrampilan penggunaan rem saat mengendarai sepeda motor. Teknik pengereman yang baik akan menghasilkan jarak pengereman yang pendek dan pengendalian yang stabil. Untuk melatih keseimbangan peserta mendapatkan materi narrow plank dimana peserta diajak untuk meniti papan keseimbangan. Materi ketiga adalah slalom course. Dalam materi ini peserta diajak untuk mengasah ketrampilannya dalam mengendalikan sepeda motor melewati bermacam jenis tikungan. Sebagai tambahan peserta yang sebagian merupakan pengguna Big Bike juga mendapatkan materi mengenai teknik mendirikan Big Bike yang roboh. Materi ini cukup menarik mengingat mendirikan Big Bike dengan bobot yang relatif berat akan sangat sulit jika tidak dibarengi dengan teknik yang benar.

Honda Big Bike Yogyakarta & Friends

Honda Big Bike Yogyakarta & Friends merupakan komunitas yang menghimpun pecinta motor sport baik yang mengendarai Honda Big Bike ataupun motor sport pada umumnya dengan kapasitas dapur pacu 250 cc ke atas. Melalui komunitas ini anggota yang mayoritas berdomisili di area Yogyakarta dan sekitarnya memiliki wadah untuk saling bertukar informasi mengenai sepeda motor kesayangannya, berbagi kebersamaan, hingga melakukan perjalanan berbagai tempat untuk semakin meningkatkan ke kompakan.

“Dalam komunitas ini Kami tidak mengenal sistem senioritas ataupun perploncoan. Komunitas ini berkembang atas dasar hobi dan minat yang sama terhadap motor sport. Berbagai agenda rutin yang Kami laksanakan mulai dari Sunday Morning Ride (Sunmori) menuju tempat-tempat menarik di sekitar Yogyakarta, city rolling, touring, pelatihan safety riding, ataupun Kopdar berjalan atas dasar kebersamaan. Bagi pecinta motor sport yang ingin bergabung, silakan merapat ke Honda Big Wing Astra Motor Center Yogyakarta di Jalan Magelang Km 7,2 Sendangadi, Mlati, Sleman atau hubungi nomor Kami di 08985315088.” pungkas Big Bike Manager Astra Motor Yogyakarta Aditya Nugraha.

Top Posts:

Advertisements
This entry was posted in AMY and tagged , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Tingkatkan Skill Berkendara Komunitas Motor Sport, Astra Motor Yogyakarta Gelar Pelatihan Safety Riding

  1. Pingback: Kombinasi Joki dan Tim Jadi Kunci Sukses Ninja NBC Sapu Bersih Podium Kelas Sport 2T STD 150CC | The Green Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published.