Mulai Hari Ini Polisi Luncurkan Tilang Elektronik

Jakarta – Kepolisian bakal menerapkan tilang elektronik melalui sebuah aplikasi. Peluncurannya bakal dimulai pada Jumat, 16 Desember 2016 ini. Nantinya jika seseorang kena tilang, mereka tinggal memasukan nomor tilangnya dan langsung membayarnya.

“Insya Allah Jumat 16 Desember ini launching,” kata Kapolda Sumatera Selatan yang sebelumnya menjabat Kakorlantas Polri, Irjen Pol Agung Budi Maryoto, melalui pesan singkatnya kepada detikOto, Selasa (13/12/2016).

Menurut Agung, pertama-tama hal ini akan dilakukan di 17 Polda di seluruh Indonesia, kemudian di Januari 2017 nanti semua daerah sudah bisa melakukan ini.

“Ada 17 Polda, tahun depan Insya Allah semua,” lanjut Agung.

Dengan elektronik tilang ini, pelanggar diarahkan untuk membayar denda tilang melalui teller, ATM BRI, atau transfer bank ATM bersama, sms banking BRI maupun internet banking BRI atau EDC BRI. Pembayaran elektronik ini sekaligus diklaim bisa menghilangkan praktik percaloan.

Secara real time sistem ini akan terpadu dengan kepolisian sehingga kepolisian bisa mengecek data pembayaran langsung. Ke depan sistem ini akan terpadu dengan server SIM dan STNK. Sehingga jika ada pelanggar yang belum menyelesaikan kewajibannya, mereka tidak bisa memperpanjang SIM/STNK.

Lima Alasan Polri Berlakukan Tilang Elektronik

Semakin meningkatnya kemajuan teknologi juga diikuti oleh Kepolisian di Indonesia. Salah satunya meluncurkan aplikasi tilang elektronik atau e-Tilang sehingga pelanggar tidak perlu ke pengadilan lagi, cukup membayar ke bank saja.

e-Tilang tak hanya diterapkan di kota-kota besar saja, tapi di seluruh Indonesia. Korps Lalu Lintas Polri (Korlantas Polri) juga telah melakukan pelatihan ke 33 Polda yang ada di seluruh Indonesia. Ada 5 hal yang menjadi alasan utama mengapa e-Tilang ini diberlakukan.

“Kita jangan lihat IT-nya tapi kita harus paham spiritnya manjur nggak sih untuk menegakkan hukum. Yang pertama jangan terjadi kecelakaan, kemacetan, atau tidak terjadi masalah lalu lintas lain,” jelas Kepala Bidang Pembinaan dan Penegakan Hukum Korps Lalu Lintas Polri, Kombes Chryshnanda Dwi Laksana melalui sambungan telepon dengan detikOto, Selasa (13/12/2016).

Kedua kata Chyrsnanda, mengayomi pengguna jalan lain. Kemudian yang ketiga membangun budaya tertib berlalu lintas. Keempat si pelanggar mendapat kepastian dan yang terakhir edukasi kepada masyarakat.

“Kelima ini bagian dari edukasi kepada masyarakat, maka pelanggaran-pelanggaran harus ditangani,” tutur Chryshnanda

Tujuh Keuntungan e-Tilang

Tilang konvensional diterapkan di Indonesia masih mengalami kendala di lapangan serta berpotensi memberi peluang dalam penyalahgunaan kewenangan.

Menanggapi hal tersebut Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri melakukan sebuah terobosan yakni dengan tilang elektronik. Penerapan tilang elektronik diharapkan bisa mempersingkat cara penindakan pelanggaran lalu lintas.

Aplikasi yang dimiliki petugas ini terhubung pada back office dengan database yang terintegrasi antara Polri, Kejaksaan, Pengadilan, dan Bank.

Berikut keuntungan penggunaan tilang elektronik:

  1. Data pelanggaran dicatat secara elektronik yang mempersingkat durasi tilang.
  2. Blanko tilang tidak menjadi alat utama lagi namun hanya sebagai cadangan.
  3. Data tilang yang diinput langsung bisa diakses seketika oleh semua instansi terkait sebagai sarana pengawasan, analisa, dan evaluasi.
  4. Masyarakat mendapat kemudahan untuk membayar titipan denda tilang melalui seluruh saluran pembayaran perbankan.
  5. Besaran denda tilang yang divonis hakim dapat langsung diketahui oleh pelanggar melalui notifikasi SMS atau email.
  6. Petugas dapat melampirkan bukti-bukti pelanggaran berupa foto, film, rekaman, dalam aplikasi sebagai bahan pertimbangan hakim dalam memutuskan perkara.
  7. Demeryt Point System (biasa dikenal sistem perpanjangan SIM) yang mengakumulasi poin pelanggaran dapat dikoneksikan dengan pusat data SIM Online.

Sumber: Detik

Top Posts:

Advertisements
This entry was posted in SIM and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

3 Responses to Mulai Hari Ini Polisi Luncurkan Tilang Elektronik

  1. Pingback: The Green Blog » Mekanik AHASS Ukir Prestasi Banggakan Negeri di Kontes Teknik Asia Oceania

  2. Pingback: The Green Blog » Liputan Lengkap Touring Batam – Tanjung Pinang Dalam Event Bakti Sosial Ninja Batam Club 2016

  3. Pingback: The Green Blog » Kompak! Tiga Pabrikan Motor Ucapkan Selamat Hari Raya Kepada Para Biker Yang Merayakan

Leave a Reply

Your email address will not be published.