R15 V.3 Fokus Di Fitur Keselamatan, Desain Dinomor Duakan?

R15 V.3 Fokus Di Fitur Keselamatan, Desain Dinomor Duakan?

Selamat pagi mas bro dan mbak sis..

Sebelum adanya pemberitaan mengenai generasi selanjutnya dari Yamaha YZF R15 current dari India, disini sudah gencar terlebih dahulu. TGB pikir mungkin Indonesia menjadi basis pengembangan R15 V.3. Namun setelah membaca pernyataan dari Yasuo Ishihara selaku Managing Director, Yamaha Motor Research & Development India Pvt Ltd (YMRI). Yang menginformasikan bahwa R15 V3.0 akan fokus di kinerja dan keselamatan dengan dibekali sistem pengereman ABS. Karena regulasi di negara India yang mewajibkan penggunaan fitur keselamatan pada kendaraan roda dua di atas 125 cc.

“R15 akan menjadi lebih baik di generasi berikutnya. Meski belum ada rincian spesifikasi yang bisa kami informasikan, tapi kami bisa menjamin bahwa aspek kinerja dan keselamatan menjadi fokus utama di R15 V3.0,”

Ada dua point yang TGB ambil dari pernyataan tersebut.

  • Pertama, fokus mereka di kinerja (mungkin mesin) dan keselamatan. Bagaimana dengan desain? Namanya juga generasi baru atau mungkin major facelift desainnya pasti ada perubahan. Namun seberapa besar kemajuan desainnya? Fokus mereka bukan kesana.
  • Kedua, inikah sinyalemen bahwa India akan menjadi basis global untuk R15 V.3? Karena belum adanya pernyataan resmi dari PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) untuk R15 V.3, justru Yamaha India sudah terlebih dulu mengklarifikasi. Atau memang sudah ada klarifikasi resmi dari YIMM mengenai R15 generasi selanjutnya namun TGB saja yang kudet? Mohon di interupsi dan informasinya bila TGB salah dan mas bro serta mbak sis ada yang lebih tahu dari TGB. Bearti sama seperti sebelum-sebelumnya dong.. masih setia memakai desain dari India.

Memangnya kenapa bila desainnya dari India? Nahh..ini dia yang akan TGB ajak mas bro dan mbak sis untuk mengupas sedikit sejarah dan fakta mengenai R15 serta korelasi antara perbedaan selera pasar antara India dan Indonesia.

Yamaha YZF R15 yang sekarang beredar di Indonesia adalah generasi kedua, atau sering disebut R15 V.2, dimana untuk R15 V.1 tidak dirilis alias tidak dijual YIMM untuk pasar Indonesia. Desainnya mirip Vixion generasi pertama yang disarungin, alias dimodif pakai fairing.

YIMM menjual R15 yang desainnya persis dengan R15 V.2 yang ada di India, anehnya lagi di India malah mengeluarkan R15 S. Kenapa malah ada kemunduran desain? Dengan alasan ergonomi dan kenyamanan untuk pengendara maupun penumpang, YMRI kembali menggunakan desain dari R15 V.1 namun dengan kaki-kaki R15 V.2.

R15 V.3 Fokus Di Fitur Keselamatan, Desain Dinomor Duakan?

Ini hanya salah satu fakta perbedaan selera antara konsumen Indonesia dengan India dari segi desain. Fakta lain? Motor India yang tidak terlalu besar penjualannya di Indonesia, namun di negara asalnya mampu menjadi raja dengan mempecundangi motor dari pabrikan Jepang.

Ahh.. dari tadi TGB cerita soal motor Yamaha terus.. Eits..mas bro dan mbak sis tahu kan raja scooter matic Honda Beat? Di India ada juga yang mirip, namanya Honda Dio, imut, lucu dan gemesin. Tapi lagi-lagi perbedaan selera pasar, Honda Dio masih memakai sistem penyuplai bensin dengan karburator. Tidak lain dan tidak bukan demi membuat harga yang murah, bahkan beberapa varian motor sport India pun masih setia menggunakan karburator. Kalau di Indonesia, motor sport Jepang dengan Injeksi lebih laris ketimbang karburator.

R15 V.3 Fokus Di Fitur Keselamatan, Desain Dinomor Duakan?

Bila memang benar India kembali menjadi basis atau acuan R15 V.3 global, semoga desainnya tidak mengesampingkan selera pasar Indonesia. Karena, YMRI hanya fokus di kinerja mesin dan keselamatan, jangan sampai dehh mereka jadi tidak utamakan desain. Orang Indonesia itu maunya harga yang relevan dengan desain serta teknologinya. Jangan sepelekan selera orang Indonesia, karena mereka sudah melek dengan informasi teknologi.

Atau jangan-jangan pernyataan dari Yasuo Ishihara mengisyaratkan YMRI hanya kebagian riset mesin dan fitur keamanan, untuk desain diserahkan ke Jepang atau Indonesia? Nahh..kalau kemungkinan yang satu ini menurut TGB akan lebih baik lagi.

R15 current masih kalah jumlah penjualannya dibandingkan dengan All New Honda CBR150RR, bahkan sang adiknya sendiri pun, CB150R dipecundangi melalui data AISI Agustus 2016. Desain R15 V.3 harus digarap dengan serius nihh agar bisa melawan dominasi CBR150RR di kelas sport fairing 150cc.

R15 V.3 Fokus Di Fitur Keselamatan, Desain Dinomor Duakan?

Kita lihat saja nanti selera desain mana yang akan diambil Yamaha untuk R15 V.3 dan pantau terus The Green Blog 🙂

Top Posts:

This entry was posted in YZF-R15 and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

4 Responses to R15 V.3 Fokus Di Fitur Keselamatan, Desain Dinomor Duakan?

  1. Pingback: The Green Blog » Dan Marketing Awards Pun Diberikan Kepada AHM

  2. Pingback: The Green Blog » Foto Spyshot Suzuki GSX R150 Dibikin Versi MotoGP, Kok Keren Ya?

  3. Pingback: The Green Blog » Kawasaki Ninja 150RR Dijual 55 Juta Rupiah!!

  4. Pingback: The Green Blog » Honda One Heart Community Kepri Turut Ramaikan Honda Bikers Day Regional 2016 di Antara 6.500 Bikers

Leave a Reply

Your email address will not be published.