Dibalik Uji Coba Perilaku Berkendara, Ada Niatan AHM Jual Motor Listrik?

Dibalik Uji Coba Perilaku Berkendara, Ada Niatan AHM Jual Motor Listrik?
Selamat sore mas bro dan mbak sis..

Sebagai pemegang market share terbesar sepeda motor di Indonesia, PT Astra Honda Motor (AHM) mendukung program Uji Coba Perilaku Berkendara‎ Sepeda Motor Listrik dengan menyiapkan 2 unit sepeda motor listrik Honda EV Neo. Dalam program ini, pemerintah bersama akademisi dan institusi berupaya menyiapkan alternatif kendaraan bermotor yang ramah lingkungan untuk masyarakat Indonesia.

Seiring berkembangnya teknologi dan tingginya kebutuhan mobilitas masyarakat memberikan tantangan tersendiri bagi semua pihak untuk terus melakukan inovasi dalam menyuguhkan transportasi yang paling sesuai untuk masyarakat. Untuk itu, program Uji Coba Perilaku Berkendara dengan Sepeda Motor Listrik digulirkan melalui kerjasama antara pemerintah melalui Kementerian Perhubungan Republik Indonesia,  akademisi (Universitas Indonesia), dan pihak industri (AHM).‎

Pembukaan Uji Coba Perilaku Berkendara dengan Sepeda Motor Listrik ini dihadiri oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia Pudji Hartanto, Direktur Sarana Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia Carlo Manik, Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Agustin Kusumayati, Msc. PhD, dan Direktur Pemasaran AHM Margono Tanuwjaya di halaman kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta (2/9).

Uji Coba Perilaku Berkendara dengan Sepeda Motor Listrik dilakukan pada periode September-Oktober dengan melibatkan para pengguna sepeda motor di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek). Metode uji coba dilakukan melalui pengamatan dan pengalaman perilaku berkendara dengan sepeda motor listrik Honda EV Neo yang disediakan sepanjang program berlangsung.

Direktur Pemasaran AHM Margono Tanuwijaya mengatakan sebagai industri sepeda motor di Indonesia, AHM senantiasa terus menyempurnakan teknologi yang ramah lingkungan agar dapat menyuguhkan kesenangan dan kenyamanan berkendara yang lebih baik. Dukungan terhadap program Uji Coba Perilaku Berkendara Sepeda Motor Listrik diharapkan dapat memberikan sumbangsih besar terhadap pengembangan alternatif transportasi yang paling sesuai untuk masyarakat kedepannya.

“Kami berharap, motor listrik Honda ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin dalam program ini agar kita bisa memahami perilaku berkendara dengan sepeda motor listrik. Kedepan kita berharap dapat bersama-sama menyuguhkan solusi mobilitas yang terbaik untuk masyarakat di masa mendatang.”

Untuk mendukung keberhasilan program ini, Honda EV Neo juga dilengkapi alat pemantau posisi kendaraaan berupa GPS Tracker untuk mempelajari perilaku berkendara pemakainya. Alat pemantau posisi disediakan oleh PT Telekomunikasi Selular.

Dibalik Uji Coba Perilaku Berkendara, Ada Niatan AHM Jual Motor Listrik?

Rencana AHM Menjual Motor Listrik.

Adanya target pemerintah untuk mewujudkan populasi pengguna motor listrik sebanyak 2,1 juta pada tahun 2025 rupanya telah ditanggapi pihak AHM sejak dini.

“Target pemerintah tadi 2,1 juta unit di 2025, itu bukan skala kecil,” jawab Margono kepada Otomotifnet.

“2,1 juta unit itu target. Target itu juga tergantung orang, mau pindah apa enggak. Untuk pemakaian jarak pendek misalnya, orang melanjutkan naik kereta, belum tentu semua orang (mau) begitu,” jelas Margono lagi.

Sebagai market leader, tentunya pihak AHM sangat menjaga kepuasan konsumen mereka. Memproduksi dan menjual bukanlah hal yang sulit, namun jauh hari mereka ingin mempersiapkan segala sesuatunya dengan paket lengkap. Tentunya keinginan dan ekspektasi konsumenlah yang harus diketahui.

“Ini yang kita mau tahu habitnya, (riset) market salah satunya juga. Tanya konsumen. Sebab kembali, setiap produk harus bisa diterima pemakai,”

“Makanya apapun harus dimulai dengan studi. Dan enggak bisa motor dari luar negeri diimpor terus dijual, enggak bisa. Misalkan Zoomer yang di Thailand sudah dijual, itu kecil, maunya buat hobi saja,” lanjutnya.

Masih bersumber dari Otomotifnet, dimana pada bulan Maret lalu para petinggi Honda Motor Co.,LTD sudah datang ke Universitas Indonesia untuk menjabarkan rencana mereka dalam sebuah seminar mengenai Potential of Electric Vehicle as an Alternative Mobility Solution. Dan Shinji Aoyama sebagai Chief Operating Officer of Motorcyle for Motorcyle Honda Motor, mengatakan ;

“Kemungkinan kami akan menjual motor ini (EV Cub) secara global pada 2018, termasuk di Indonesia,”

Jaman akan semakin canggih ya.. Kebayang gak nantinya gak akan ada lagi suara knalpot bising? Gak ada lagi bau timbal? Tapi kira-kira kebayang gak harga barunya nanti? Semoga aja tetap terjangkau seperti motor berbahan bakar minyak..

Bagaimana kelanjutannya? Semua masih perlu proses.. 🙂

Top Posts:

This entry was posted in EV Neo and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

6 Responses to Dibalik Uji Coba Perilaku Berkendara, Ada Niatan AHM Jual Motor Listrik?

  1. blacklist says:

    Kalau murah, aku minat juga.. bensin semakin mahal

  2. Pingback: The Green Blog » Sensasi Trackday Bersama Komunitas Honda Batam Dengan Coach Ilham Rayagung

  3. Pingback: The Green Blog » Yamaha Xabre Tidak Kalah Ganteng Saat Disandingkan Dengan Kawasaki Er-6

  4. riderismo says:

    Walaupun masih ada kendala, tapi cepat atau lambat sepertinya kita juga harus beralih ke kendaraan listrik

  5. Pingback: The Green Blog » Helm Rossi Home Race Misano : Sweet Home Misano

  6. Pingback: The Green Blog » Sambut Hari Pelanggan Nasional, Capella Honda Bagi-bagi Hadiah Kepada Konsumen Loyal

Leave a Reply

Your email address will not be published.