Sirkuit Jakabaring Palembang Ditargetkan Selesai Selama 16 Bulan

Sirkuit Jakabaring Palembang Ditargetkan Selesai Selama 16 Bulan

Selamat pagi mas bro dan mbak sis..

Keseriusan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Pemprov Sumsel) dalam upayanya untuk menjadi tuan rumah MotoGP di tahun 2018 sepertinya semakin mengerucut. Hal ini cocok dengan artikel yang pernah TGB tulis disini. Sangat disayangkan upaya Sentul International Circuit telah gagal untuk menjadi tuan rumah MotoGPtahun 2017. Kini perhatian dan harapan teralih kepada Pemprov Sumsel untuk mewujudkannya, walaupun harus mundur di tahun 2018.

Tanpa banyak gembar-gembor atau basa-basi di media, Gubernur Pemprov Sumsel, Ir.H.Alex Noerdin beberapa waktu lalu (16/8/2016) melakukan pertemuan dengan salah satu perancang sirkuit kenamaan dunia asal Jerman, Hermann Tilke. Dimana Bapak Alex Noerdin memposting foto di media sosial Facebook dan sontak menjadi sorotan media.

Dan kebetulannya lagi, salah satu tim redaksi TGB adalah orang Palembang yang sedikit merekam jejak dari Mantan Bupati Musi Banyuasin tersebut. Track of The Record beliau selalu serius dan memenuhi janjinya, khususnya dalam hal yang berkaitan dengan pembangunan. Disini TGB pun ikut optimis dalam keseriusan usaha Pemprov Sumsel agar Indonesia (kembali) menjadi tuan rumah MotoGP pada tahun 2018 nanti. Mari kita lanjutkan melihat perkembangan usaha tersebut.

Apa sih yang membuat DORNA tertarik dengan rencana Pemprov Sumsel?

  • Kemudahan Akses Transportasi.

Sirkuit Jakabaring Palembang Ditargetkan Selesai Selama 16 Bulan

Saat ini keadaan Kota Palembang sedang membangun jalur kereta api ringan atau Light Rail Transit (LRT), akses ini akan memberikan kemudahan dari Bandara dan langsung menuju ke Jakabaring. Dimana rencana lokasi pembangunan sirkuit tersebut nantinya memang berada di kawasan Jakabaring. Jadi, tidak harus capek menikmati kemacetan lalu-lintas perkotaan, begitu turun dari pesawat langsung naik LRT dan langsung sampai ke kawasan sirkuit. Adakah mas bro dan mbak sis yang berniat nonton MotoGP bersama Mukidi? Gak tau dehh apakah di tahun 2018 nanti sosok rekaan Mukidi masih ada atau sudah Innalillahi.. Hehee..

“Melalui jalur kereta api ringan dalam kota kan bisa langsung menuju lokasi dari bandara ke Jakabaring. Ini menjadi salah satu keunggulan Sumsel sebagai penyelenggara MotoGP,” kata Bapak Alex Noerdin kepada Tribun Sumsel, Kamis (18/8/2016).

Lalu bagaimana untuk yang membawa kendaraan sendiri? Bagaimana dengan lahan parkirnya? Tenang, lebih tepatnya rencana pembangunan Sirkuit Internasional Jakabaring nantinya akan berada dalam kawasan Jakabaring Sport City (JSC). Di dalam kawasan seluas 325 Hektar tersebut terdapat stadion sepakbola terbesar ketiga Indonesia, Gelora Sriwijaya dengan kapasitas 45.000 penonton. Dan telah terbukti selama ini digunakan, tidak ada masalah dengan masalah lahan parkirnya. Selain untuk olahraga, kawasan tersebut juga sangat ramai di hari libur sebagai salah satu destinasi wisata bagi warga kota Palembang. Sebenarnya TGB sudah menyiapkan artikel terpisah untuk rincian tempat tersebut dan akses darat maupun udaranya bagi mas bro dan mbak sis yang ingin datang kesana, apabila memang terwujud Indonesian GP 2018.

  • Tersedianya Fasilitas Pendukung.

Selain adanya akses LRT yang dinilai positif dari DORNA, kesediaan berbagai fasilitas pendukung lainnya yang tersedia di Bumi Sriwijaya (sebutan lain Kota Palembang) seperti hotel berbintang lima, rumah sakit bertaraf internasional dan juga infrastruktur lainnya yang tersedia menjadi faktor pendukung dan keunggulan tersendiri yang akhirnya membuat DORNA menjatuhkan pilihan kepada Palembang dibandingkan dengan daerah lainnya. Dan sebagai informasi tambahan, jarak JSC dengan pusat Kota Palembang adalah 5 Kilometer saja. Pantas saja bila Bapak Alex Noerdin sangat optimis dan percaya diri.

“Kelebihan yang dimiliki ini tidak bisa disepelekan sehingga wajar saja Dorna Sport melirik Palembang, bukan Jakarta,” yakinnya.

Pembangunan Sirkuit Direncanakan Rampung Dalam 16 Bulan

Nahh ini dia yang membuat penasaran, pembangunan sirkuit tersebut rencananya akan rampung dalam 16 bulan saja. Menurut mas bro dan mbak sis, apakah kelamaan atau kecepetan untuk pembangunan sirkuit bertaraf internasional? Jawabannya sihh tergantung seberapa hasilnya nanti. Tapi bukan itu yang ingin TGB bahas tapi, kapan sihh mulai dan selesainya sirkuit yang direncanakan tersebut? Yuk kita analisa bersama..

Selain MotoGP, Pemprov Sumsel juga ada agenda lainnya yang telah lama dipersiapkan. Yaitu, Palembang akan menjadi Kota tuan rumah ASIAN Games 2018 selain Jakarta. Yupp, ada 2 Kota yang akan menjadi penyelenggara ASIAN Games 2018, yang dicanangkan berlangsung Agustus-September 2018. Lalu??

Bila kita cermati dan melihat kebiasaan agenda MotoGP, seperti halnya musim 2016 ini, perhelatan MotoGP untuk kawasan Asia (Tenggara dan sekitarnya), adalah Negara Jepang, Malaysia dan Australia dilaksanakan di bulan Oktober. Atau bisa kita katakan seri-seri terakhir sebelum seri finalnya kembali ke ranah Eropa (Valencia, Spanyol : misalnya). Nahh.. klop..!!! ASIAN Games selesai pada bulan September 2018.

Jadi, analisa TGB Indonesian GP 2018 akan dilaksanakan pada bulan Oktober atau mengikuti jalur MotoGP untuk kawasan Asia (Tenggara & sekitarnya). Mungkin setelah atau sesudah Malaysian GP. Secara garis besarnya, Indonesian GP akan dilaksanakan setelah perhelatan ASIAN Games.

Kesimpulannya : bila kita tarik mundur perhitungannya, kalau memang Indonesian GP dilaksanakan pada bulan Oktober 2018 di Palembang, Sumsel. Maka, pembangunan Jakabaring International Circuit akan dimulai pada awal tahun 2017 atau paling lambat dimulai pada bulan Juni 2017 nanti akan kita baca berita akan mulainya pembangunan sirkuit tersebut. Bila mulai pembangunannya lewat dari bulan Juni 2017 nanti, alamat bisa gagal maning (baca:lagi) niatan tersebut. Atau kalau memang terpaksa, mungkin ada rencana cadangan, dengan pembangunan sistem kebut, kejar setoran.. Hehee..

Kita lihat saja nanti bagaimana akhir dari niatan tersebut. TGB sihh tetap optimis dan kita doakan saja bersama agar berjalan sesuai rencana agar dapat terwujud cita-cita Indonesia agar dapat (kembali) menjadi tuan rumah MotoGP.. Aamiin..

Selamat beraktivitas dan pantau terus The Green Blog 🙂

Sumber berita : tribun sumsel

Foto : Facebook Alex Noerdin

Top Posts:

This entry was posted in MotoGP and tagged , , . Bookmark the permalink.