First Impression All New Honda Supra GTR150 : Harga & Simulasi Kredit Wilayah Batam

First Impression All New Honda Supra GTR150 : Harga & Simulasi Kredit Wilayah Batam

Selamat siang mas bro dan mbak sis..

Pada hari Sabtu (18/06) TGB mendapat kesempatan untuk melihat secara langsung wujud dari Super Cub 150cc Honda All New Supra GTR150 di salah satu main dealer Honda Batam, Kepri. Adalah PT. Capella Dinamik Nusantara (CDN) Tembesi yang beralamat di Komp. Taman Merapi Blok AJ No. 1-5 Muka Kuning, Batam, Kepulauan Riau.

TGB yang bertemu langsung dengan Bp. Toni Hadi Wibowo selaku Honda Customer Care Sect Head, beliau mengatakan saat ini mereka telah membuka daftar pemesanan (indent) kepada konsumen yang berminat untuk memiliki All New Honda Supra GTR150.

“Untuk saat ini memang unit belum ready stock, namun kita tetap melayani konsumen dengan membuka daftar indent untuk All New Supra GTR150”

Tentunya tidak ingin menyia-nyiakan waktu yang semakin mendekati waktu berbuka puasa. Walau tidak bisa membawa kamera dan terpaksa mengabadikan momen tersebut melalui kamera smartphone, TGB langsung meminta ijin untuk melihat dan menanyakan beberapa hal mengenai super cub 150cc yang baru dirilis Honda ini.

DESAIN

Secara keseluruhan desain super cub Honda ini terlihat ramping dan perpaduan garis desain dari klan Supra khas Honda. Walau motor ini secara langsung menjadi kompetitor Yamaha MX 150 series, namun untuk desain bodinya, Honda tidak membenturkan desainnya dengan kompetitor. Hal senada pun diungkapkan oleh Bapak Filtra Abadi selaku Technical Training.

“Sebenarnya mengenai desain adalah motor ini (Supra GTR150) memang diciptakan untuk kenyamanan berkendara tanpa mengesampingkan keunggulan mesinnya, dengan menggunakan basis mesin yang serupa, Honda memisahkan pangsa pasar antara Supra GTR150 dengan Sonic 150 yang memang dibuat untuk mereka yang ingin tampil sporty walau berada di segmen underbone.

Lebih lanjut Bapak Filtra Abadi menjelaskan, Sonic 150 diciptakan untuk urban style perkotaan dan Supra GTR150 diciptakan dengan desain elegan dengan ergonomi yang nyaman apabila dikendarai untuk jarak jauh.

“Bukan berarti Sonic 150 tidak bisa digunakan untuk jarak jauh, basis mesinnya sama, namun ergonomi dari Supra GTR150 lebih nyaman digunakan untuk jarak jauh. Begitu juga sebaliknya, Supra GTR 150 juga lincah diajak bermanuver menembus kemacetan kota. Namun untuk urusan desain, tentunya Sonic 150 tampil lebih modis untuk yang berjiwa muda.”

Begitulah penjelasan menurut Bapak Filtra Abadi, karena di segmen underbones 150cc saat ini Honda memiliki Supra GTR150 dan Sonic 150, untuk konsumen yang berjiwa muda dan yang ingin tampil sporty, Honda memiliki opsi Honda Sonic 150. Dan yang ini memiliki motor underbone dengan performa mumpuni namun dengan ergonomi kenyamanan yang bisa digunakan untuk berkendara di dalam kota maupun jarak jauh, Honda telah menjawabnya dengan menghadirkan All New Supra GTR150.

TGB sendiri cukup puas dengan jawaban diatas. Opini TGB, walau Supra GTR150 ini lebih ramping dari kompetitor, namun lekukan bodinya TGB anggap seperti orang yang rajin nge-gym dengan program diet teratur. Umpama lekuk guratan otot yang menonjol, sayang konsep elegan dan mewah tersebut kurang diimbangi dengan warna striping yang mencolok. Emblem GTR150 3 dimensi dengan warna chrome, lumayan mewakili kesan mewah. Kemarin TGB penasaran ingin mengetahui kekuatan dari daya rekat emblem tersebut ke bodi, tapi sepertinya tidak diijinkan. Wajar saja tidak diijinkan, pabrikan susah payah nempel, tiba-tiba TGB datang seenaknya mau lepasin. TGB hanya penasaran, apakah kasus kehilangan emblem PGM-Fi bisa terulang di All New Honda Supra GTR150.

Kesimpulannya kalau menurut TGB, Honda memberikan pilihan 2 produk di segmen underbone, dengan pilihan antara Sonic yang sporty atau Supra yang nyaman. Menurut mas bro dan mbak sis? Silahkan dinilai sendiri ya..

KAKI-KAKI

Ternyata impresi melihat di foto dengan melihat langsung sangat berbeda, karena bodi yang ramping, untuk urusan kaki-kaki bagian depan Supra GTR150 ini sangat padat. Penggunaan ukuran ban lebar serta front fork yang besar ditambah front fender yang lebih sporty dari klan sport batangan 150cc Honda, membuat tampilan kaki bagian depan motor ini terlihat padat. Kesannya mungkin seperti atlet tennis yang bertubuh ramping dengan otot kaki yang atletis.

Untuk bagian belakang, Honda Supra GTR150 ini menerapkan sistem peredam kejut monosok tanpa link, alias monosok yang langsung berhubungan dengan swing arm.

GARANSI

Untuk urusan yang satu ini banyak dilupakan konsumen saat membeli motor, yaitu garansi. Bapak Johandi selaku Tech Service Sub Dept Head menjelaskan untuk garansi, Honda memberikan jaminan garansi 3 tahun atau 30.000 km untuk mesin, Frame 1 tahun atau 10.000 km dan jaminan garansi Injeksi selama 5 tahun.

First Impression All New Honda Supra GTR150 : Harga & Simulasi Kredit Wilayah Batam

“Semua komponen yang termasuk garansi akan kita terima klaim-nya apabila memang komponen yang rusak tersebut akibat kesalahan pabrik. Dan selama memenuhi syarat pabrikan, contohnya melakukan servis rutin yang dianjurkan”

Untuk garansi frame, ada beberapa bagian diluar engine yang masuk kategori garansi frame. Seperti kelistrikan, pelek, lengan ayun, front fork, dan muffler. Contoh yang termasuk kategori kelistrikan adalah kabel dan speedometer. Namun injeksi tidak termasuk dalam garansi kelistrikan.

“Untuk injeksi kita berikan garansi tersendiri dan tidak termasuk kelistrikan, ada beberapa contoh yang termasuk dalam injeksi, misalnya sensor-sensor, throttle body dan injection pump. Kita berikan garansi 5 tahun”

Memodifikasi kendaraan yang tidak sesuai anjuran pabrikan atau memakai asesoris tidak resmi Honda dapat menggugurkan garansi. Mengangkat beban berlebih dan membuat sepeda motornya sebagai alat komersial juga dapat menggugurkan garansi. Namun masih menurut keterangan dari Bapak Johandi, terkadang masih banyak konsumen yang tidak mengerti dan tidak dapat membedakan antara garansi dengan asuransi.

“Faktor eksternal seperti kebakaran, kecelakaan, bencana alam ataupun huru-hara itu tidak bisa kita terima klaim-nya. Terkadang konsumen tidak bisa mengetahui pengertian dari garansi ataupun asuransi”

Untuk perbedaan asuransi dan garansi, nanti TGB lanjutkan di artikel terpisah lainnya untuk mas bro dan mbak sis. Makasih buat Pak Johandi yang secara tidak langsung menambah ide untuk menulis.

HARGA & DP + ANGSURAN

Menariknya lagi, harga OTR Batam ternyata lebih murah dari harga OTR Jakarta. Sebagai perbandingan jelasnya, All New Supra GTR 150 Versi Sporty dijual Rp. 21.300.000 dan untuk All New Supra GTR 150 Versi Exclusive dibanderol Rp. 21.500.000 OTR Jakarta

Sedangkan untuk daerah Batam, versi Sporty dijual dengan harga yang lebih murah, yaitu Rp. 20.608.000. Dan untuk versi Exclusive Rp. 20.790.000 OTR Batam.

Bp. Harry Sutiono selaku Sales Sub Dept Head mengatakan untuk sekarang mereka memberikan hadiah atau bonus berupa jaket eksklusif untuk setiap pembelian All New Supra GTR150

“Untuk sekarang, setiap bentuk transaksi Supra GTR150 kita akan memberikan bonus jaket eksklusif kepada konsumen.”

Bila mas bro dan mbak sis penasaran bentuk jaket tersebut, silahkan datang saja ya.. Berikut tabel DP dan angsuran All New Honda Supra GTR150.

First Impression All New Honda Supra GTR150 : Harga & Simulasi Kredit Wilayah Batam

SPESIFIKASI TEKNIS

Power maksimal All New Honda Supra GTR150 diklaim mampu menghasilkan tenaga 15,74 dk @9.000 rpm. Memang sedikit lebih rendah dari Honda Sonic 150R yang mencapai 15,84 dk @ 9.000 rpm. Sedangkan untuk torsi kedua motor ini sama-sama menghasilkan torsi puncak 13,5 Nm @6.500 rpm.

Walau begitu performa Honda Supra GTR 150 ini diyakini bisa jadi lebih responsif karena final gear diseting lebih ringan dari Sonic 150R, yaitu 44:15 untuk Supra GT 150, sedangkan Honda Sonic 150R menggunakan final gear 42:15.

Berat kosong Honda Sonic lebih ringan 5kg dari All New Supra GTR150. Berat kosong Honda Sonic 150 adalah seberat 114 kg sedangkan berat kosong All New Honda Supra GTR150 119 kg.

Langsung saja berikut data spesifikasinya :

DIMENSI

  • P x L x T: 2.025 x 725 x 1.102 mm
  • Jarak sumbu roda: 1.284 mm
  • Jarak terendah: 150 mm
  • Tinggi jok: 780 mm
  • Berat kosong: 119 kg
  • Radius putar: 1.900 mm
  • Kapasitas tangki bensin: 4,5 liter

MESIN

  • Tipe mesin: 4 langkah DOHC 4 katup
  • Bore x stroke: 57,3 x 57,8 mm
  • Kapasitas mesin: 149,16 cc
  • Pendinginan: liquid cooled dengan kipas auto
  • Sistem pengabutan: PGM-FI
  • Rasio kompresi: 11,3:1
  • Tenaga maksimal: 11,6 kW = 15,77 PS = 15,56 HP /9.000 rpm
  • Torsi maksimal: 13,5 Nm/6.500 rpm
  • Transmisi: manual 6 percepatan
  • Pola perpindahan gigi: 1-N-2-3-4-5-6
  • Starter: electric & kick starter
  • Sistem kopling: wet multiple with coil spring
  • Sistem pelumasan: basah
  • Kapasitas oli: 1,1 liter

SASIS

  • Tipe sasis: twin tube steel
  • Ukuran ban depan: 90/80-17 46P (Tubeless)
  • Ukuran ban belakang: 120/70-17 58P (Tubeless)
  • Rem depan: hidraulic disc
  • Rem belakang: hidraulic disc
  • Suspensi depan: teleskopik
  • Suspensi belakang: monosok
  • Sistem pengapian: full transistor
  • Aki: MF 12 V-5,0 Ah
  • Tipe busi: NGK MR9C-9N atau ND U27 EPR-N9
(dari kanan) Harry Sutiono, Johandi, Filtra Abadi, Toni Hadi Wibowo.

(dari kanan) Harry Sutiono, Johandi, Filtra Abadi, Toni Hadi Wibowo.

Untuk mas bro dan mbak sis yang penasaran, silahkan kunjungi dealer Honda terdekat. Silahkan lihat dan nilai sendiri sesuai pandangan dan persepsi masing-masing.

Pantau terus The Green Blog 🙂

Top Posts:

This entry was posted in All New Supra GTR 150 and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

6 Responses to First Impression All New Honda Supra GTR150 : Harga & Simulasi Kredit Wilayah Batam

  1. Pingback: The Green Blog » Bila Juara Minggu Ini Adalah Kemenangan Ke-10 Rossi Di Assen

  2. Pingback: The Green Blog » All New Honda Supra GTR 150 Resmi Mengaspal di Batam

  3. Pingback: The Green Blog » Gara-gara Salah Paham, Puluhan Driver Go-Jek Serbu Gandaria City

  4. Pingback: The Green Blog » We Love Honda Tebar Teaser All New Honda CBR250RR

  5. Pingback: The Green Blog » Pajak Kawasaki Ninja 150R Tahun 2013 Wilayah DKI Jakarta di Tahun 2016

  6. Pingback: The Green Blog » Pertama di Dunia, AHM Hadirkan All New Honda CBR250RR

Leave a Reply

Your email address will not be published.