10 Besar Pabrikan Yang Sering Melakukan Recall Dalam Satu Dekade Ini

10 Besar Pabrikan Yang Sering Melakukan Recall Dalam Satu Dekade Ini

Selamat pagi mas bro dan mbak sis..

Kaget juga saat mengunjungi situs Visordown, selain Indonesia di luar negeri sana juga sedang mengamati soal recall. Berita yang di publish adalah daftar 10 besar pabrikan yang sering melakukan recall dalam satu dekade terakhir (1 dekade = 10 tahun).

Tentang recall ini juga diungkap Visordown mempunyai dua perspektif, dimana satu sisi negatifnya tentang pandangan konsumen adalah indikasi kesalahan produsen dalam mendesain produknya. Namun sudut pandang positifnya adalah recall ini merupakan bentuk tindakan positif pabrikan untuk memperbaiki kesalahannya dengan tidak dikenakan biaya atau gratis kepada konsumennya.

Visordown menggunakan metode penghitungan dengan cara menghitung berapa kali terjadinya recall dari 10 pabrikan sepeda motor dalam kurun waktu satu dekade terakhir. Dan hanya sebagai informasi tambahan, Visordown juga melampirkan jumlah unit terbanyak yang dilakukan pemeriksaan dan perbaikan jika diperlukan dalam satu kali recall. Langsung saja kita lihat datanya sebagai berikut, TGB memulai dari urutan terakhir atau yang paling sedikit :

10. Aprilia

Diperingkat terakhir ada pabrikan Aprilia yang melakukan 13 kali recall dalam dekade terakhir. Jumlah terbanyak mereka melakukan recall adalah pada tahun 2006, dimana tercatat 1.892 unit varian RSV 1000s mendapatkan pergantian swing arm yang baru, karena ditemukan indikasi bahwa swing arm aslinya rentan mengalami keretakan.

9. Piaggio

Perusahaan induk Aprilia ini berada di tempat ke-9. Piaggio telah melakukan 16 kali recall dalam satu dekade ini. Jumlah terbesar recall mereka adalah sebanyak 2.687 unit Vespa PXS harus di-recall untuk mendapatkan penggantian tali kursinya. Karena memiliki resiko tali tersebut bisa kendor dan longgar. Cuma karena bisa kendor lantas mereka menggantinya? Salut..!!

8. Suzuki

Selanjutnya ada pabrikan Jepang, pabrikan berlogo ‘S’ ini menempati peringkat ke-8 setelah melakukan 23 kali recall dalam dekade terakhir. Pemanggilan terbanyak adalah ketika 29.422 unit GSX-R harus diganti silinder master rem yang baru.

7. Harley-Davidson

Pabrikan asal Amerika ini berada di peringkat ke-7 setelah melakukan 28 kali recall dalam satu dekade terakhir.

Salah satu jumlah recall terbesar adalah pada tahun 2011, Harley Davidson melakukan recall sebanyak 1.916 unit berbagai tipe sepeda motor untuk mengganti lampu saklar rem.

6. Triumph

Triumph melakukan 29 recall dalam satu dekade terakhir, membuat Triumph berada di posisi ke-6. Pada daftar keseluruhan, recall terbesar dalam 10 tahun terakhir terkait dengan rusaknya rectifier regulator, sebanyak 8.595 unit sepeda motor yang terkena recall.

5. Ducati

Di urutan ke-5 ada pabrikan Ducati yang telah melakukan 32 kali recall dalam satu dekade terakhir. Pada tahun 2015, sebanyak 2.605 unit Multistrada 1200 direcall terkait masalah throttle gas.

4. Honda

Mengingat populasinya yang besar, rasanya hal yang wajar bila Honda berada di posisi ke-4. Selama satu dekade ini, Honda telah melakukan 33 kali recall. Recall terbesar adalah sebanyak 10.600 unit sepeda motor yang diperiksa terkait adanya masalah pada sealant switch-start-relay.

3. Kawasaki

Dengan 37 kali recall dalam satu dekade ini, Kawasaki dapat podium ke-3. Recall terbanyak Kawasaki adalah pada tahun 2012 sebanyak 3.656 tipe ZX-10R mengalami masalah regulator pengisian.

2. BMW

Di podium ke-3 ada BMW yang melakukan 44 kali recall dalam dekade terakhir. Sebanyak 23.427 unit sepeda motor di recall untuk melakukan pergantian flange roda belakang. Yang awalnya dengan bahan alumunium, kemudian harus diganti dengan bahan baja yang diklaim lebih keras daripada alumunium.

1. Yamaha

Terakhir, di posisi pertama yang paling memperhatikan kualitas dan pelayanannya adalah Yamaha dengan 49 kali recall di satu dekade terakhir ini.

Menurut Visordown, bagian yang sama untuk digunakan di berbagai varian motornya, membuat Yamaha harus melakukan recall terhadap 14.384 unit sepeda motornya untuk dilakukan pemeriksaan sensor posisi throttle.

Itulah 10 besar pabrikan yang melakukan recall dalam 10 tahun terakhir menurut Visordown. Mendengar nama recall belum tentu rusak, bila ada indikasi atau pertanda saja, maka pabrikan tidak akan sungkan untuk melakukan pemeriksaan. Pergantian akan dilakukan bila memang ditemukan kerusakan.

Pantau terus The Green Blog 🙂

Top Posts:

This entry was posted in Motorcycle and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

4 Responses to 10 Besar Pabrikan Yang Sering Melakukan Recall Dalam Satu Dekade Ini

  1. Pingback: The Green Blog » First Impression All New Honda Supra GTR150 : Harga & Simulasi Kredit Wilayah Batam

  2. sayang ga disebut ini di dunia apa inggris raya?

  3. Pingback: The Green Blog » Bila Juara Minggu Ini Adalah Kemenangan Ke-10 Rossi Di Assen

  4. Pingback: The Green Blog » All New Honda Supra GTR 150 Resmi Mengaspal di Batam

Leave a Reply

Your email address will not be published.