3 Detik Yang Bisa Bikin Pompa Bensin Motor Injeksi Awet Hingga 5 Tahun

3 Detik Yang Bisa Bikin Pompa Bensin Motor Injeksi Awet Hingga 5 Tahun

Selamat pagi mas bro dan mbak sis..

Mungkin saja isi artikel ini sudah banyak yang mengetahui, namun dengan pertambahan jumlah penjualan sepeda motor yang mencapai jutaan pertahunnya, otomatis menambah pengendara baru sepeda motor. Maka TGB tertarik untuk membahas dan berbagi informasi dengan artikel ini.

Seiring kemajuan teknologi, sistem pengkabutan bahan bakar karburator telah tergantikan dengan sistem injeksi, namun belum tentu semuanya tahu perlakuan khusus untuk sepeda motor yang menerapkan sistem injeksi. Salah satunya adalah cara yang baik untuk menghidupkan sepeda motor injeksi yang dianjurkan pabrikan. Dan ternyata cara yang dianjurkan pabrikan ini bisa membuat umur pompa bensin menjadi awet hingga 5 tahun! Langsung saja kita bahas bersama bagaimana cara menghidupkan sepeda motor yang baik.

3 Detik Yang Bisa Bikin Pompa Bensin Motor Injeksi Awet Hingga 5 Tahun

Bersumber dari Otomania.com sang mekanik Bintang Motor Pondok Bambu menyarankan, setelah memutar kunci kontak di posisi ON, sebelum kita menghidupkan sepeda motor (dengan tombol elektrik starter atau kick starter) maka, kita akan melihat lampu indikator injeksi menyala yang ada di panel speedometer. Mas bro dan mbak sis sebaiknya menunggu lampu indikator tersebut padam/mati, biasanya lampu indikator tersebut menyala di rentan waktu 3 detik. Setelah lampu indikator tersebut mati, barulah di starter sepeda motornya.

“Sebaiknya sebelum menghidupkan kendaraan, tunggu lampu indikator di speedometer tersebut mati. Jadi jangan langsung di starter, tunggu paling lama tiga detik,”

Lebih lanjut Amim menjelaskan, pada saat kunci kontak berada dalam posisi ON, pompa bensin langsung menyala dan bekerja untuk memberikan tekanan maksimal sehingga bahan bakar akan bekerja lebih sempurna saat mesin dinyalakan.

3 Detik Yang Bisa Bikin Pompa Bensin Motor Injeksi Awet Hingga 5 Tahun

Walaupun pada kenyataannya mesin masih bisa tetap menyala saat kita menghidupkan mesin ketika posisi lampu indikator masih hidup/menyala, namun proses yang terjadi pada pompa bahan bakar belum bekerja seperti standar optimal mesin. Hal ini mengakibatkan proses kerja di awal mesin sepeda motor tidak langsung bekerja di suhu optimum, penggunaan bahan bakarnya akan lebih banyak, tenaga mesin tidak langsung maksimal dan parahnya lagi emisi gas buangnya menjadi lebih tinggi.

Pengaruh lainnya adalah akan sulit untuk menyalakan kembali sepeda motor karena kondisi suhu pada mesin dan lingkungan sudah berbeda saat mesin dimatikan dan akan dihidupkan kembali. Hal ini dikarenakan sistem injeksi yang canggih (dilengkapi sensor dan menggunakan otak ECU) bisa menyimpan data kebiasaan kita yang menghidupkan dan mematikan sepeda tanpa menunggu lampu indikator mati terlebih dahulu. Dengan begitu otomatis data lama (yang direkam) akan digunakan ECU ketika menghidupkan kembali sepeda motor.

Tapi jangan panik, biasanya ketika kita menyervis sepeda motor kita, mekanik menghubungkan sepeda motor kita dengan perangkat komputer. Di tangan mekanik handal dan teliti, jejak rekam tersebut biasanya dapat mereka tangani dengan professional. Sebaiknya mas bro dan mbak sis tidak usah malu untuk meminta diperiksa ataupun menyampaikan keluhan kepada mekanik bengkel resmi.

Dan ternyata kebiasaan menghidupkan sepeda motor yang baik dan benar sesuai anjuran ini juga bisa membuat umur pompa bensin menjadi lebih awet, menurut Amim biasanya bisa awet hingga 5 tahun.

“Cara ini juga dapat digunakan untuk merawat pompa bahan bakar sepeda motor. Biasanya tiap 5 tahun ganti, namun jika pengguna selalu cuek menyalakan sepeda motor tanpa menunggu lampu indikator mati, umur pompa biasanya lebih singkat,”

Bagaimana mas bro dan mbak sis? Semoga penjelasan artikel kali ini cukup jelas dan bisa menambah pengetahuan. Mulai sekarang marilah bersama kita menghidupkan sepeda motor setelah lampu indikator padam, lagipula tidak terlalu lama, hanya menunggu sekitar 3 detik namun efeknya bisa menambah umur pompa bensin menjadi awet hingga 5 tahun.

Semoga berguna dan pantau terus The Green Blog 🙂

Top Posts:

This entry was posted in Edukasi and tagged . Bookmark the permalink.