Setelah Yamaha Amerika, Kini Yamaha Jepang Melakukan Recall. Bagaimana Dengan Indonesia?

Setelah Yamaha Amerika, Kini Yamaha Jepang Melakukan Recall. Bagaimana Dengan Indonesia?

Selamat sore mas bro dan mbak sis..

Sedang hangat pemberitaan tentang salah satu bentuk tanggung jawab dan pelayanan kepada konsumen, pada hari Selasa 14 Juni 2016 Yamaha Jepang mengumumkan melalui website resminya, bahwa mereka melakukan recall terhadap produk-produk YZF-R3, YZF-R25, YZF-R25A, MT320 dan MT250. Hal serupa juga pernah dilakukan Yamaha Amerika yang melakukan recall untuk unit Yamaha R3 pada akhir tahun 2015 yang lalu.

Tercatat 16 unit Yamaha YZF-R3 telah di-recall, karena mengalami masalah pada segitiga bagian atas yang mengalami kesalahan pada saat pemasangan. Kesalahan tersebut bisa membuat segitiga itu bisa retak saat berkendara dan berpotensi menghilangkan keseimbangan saat dikendarai, maka dari itu pihak Yamaha memutuskan untuk melakukan recall. Unit yang terkena imbas recall adalah Yamaha YZF R3 yang diproduksi antara 1 Januari hingga 31 Agustus 2015.

Yamaha Jepang melakukan pemanggilan/recall kepada seluruh pemilik YZF-R3, YZF-R25, YZF-R25A, MT320 dan MT250 karena harus dilakukan pemeriksaan dan akan dilakukan perbaikan bila memang diperlukan. Pemeriksaan tersebut akan dilakukan gratis tanpa biaya.

Recall ini dilakukan karena adanya temuan masalah pada beberapa komponen, yaitu :

Prime Mover (oil pump) / Gear Pompa Oli.

Yamaha Jepang menemukan kesalahan desain yang tidak tepat, yang membuat gir pompa oli tidak mampu menyesuaikan dengan tekanan yang muncul saat pompa oli berkerja dalam putaran tinggi. Dalam hal ini Yamaha melakukan recall terhadap varian YZF-R3A, YZF-R25, YZF-R25A, MT320 dan MT250.

Power Transmission Device (Pressure Plate) / Bearing Kopling.

Di bagian transmisi, bearing kopling kemungkinan bisa mengalami kerusakan karena bearing kopling tidak cukup kuat saat melakukan pengoprasian kopling yang dilakukan berulang kali. Pemeriksaan ini berlaku untuk semua varian YZF-R3A, YZF-R25, YZF-R25A, MT320 dan MT250

Braking Device (Brake Hose) / Selang Rem Depan.

Berbeda dari dua poin sebelumnya, pemeriksaan pada bagian selang rem depan ini berlaku khusus untuk varian MT320 dan MT25. Pemeriksaan ini dilakukan karena posisi selang rem yang tepat berada dekat dengan radiator. Sehingga menyebabkan kemungkinan terjadinya sentuhan antara selang rem dengan radiator ketika motor dikendarai atau dioperasikan.

Dan surat pemanggilan ini bukan hanya untuk domestik Jepang saja, surat edaran resmi tersebut akan diteruskan ke setiap negara yang menjual unit yang disebutkan, yang kemudian akan diumumkan kepada konsumen.

Lalu bagaimana dengan Indonesia?

Bersumber dari artikel juragan cicakkreatif.com rencananya dalam minggu ini juga PT. Yamaha Indonesia Motor Mfg (YIMM) akan segera mengumumkan perihal yang terkait dengan adanya recall tersebut. Tapi jangan tanya apakah akan diumumkan secara resmi atau tidak nantinya, karena setiap pabrikan mempunyai wewenang dan cara tersendiri untuk melakukan semua operasional mereka. Apabila memang akan dilakukan recall secara personal, hal tersebut hanya untuk menghindari reaksi konsumen Indonesia yang kebanyakan masih menilai negatif apabila mendengar kata recall. Pada umumnya reaksi konsumen adalah menilai adanya kegagalan produk dari pabrik, bukan dari pemakaian konsumen. Padahal recall merupakan salah satu tanggung jawab pabrikan demi pelayanan dan kepuasan konsumennya. Bukankah lebih baik begini daripada setelah membeli lalu ada kerusakan dari pabrik namun produsen tidak mau bertanggung jawab?

Bagaimana tindak lanjut PT. YIMM selanjutnya?

Pantau terus The Green Blog 🙂

Top Posts:

This entry was posted in YZF-R25 and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

6 Responses to Setelah Yamaha Amerika, Kini Yamaha Jepang Melakukan Recall. Bagaimana Dengan Indonesia?

  1. permanatriaz says:

    Dalam waktu dekat akan muncul beritanya di Homepage website Yamaha Indonesia Om..
    🙂

  2. Pingback: The Green Blog » YIMM Mengeluarkan Surat Pemberitahuan Resmi dari Yamaha kepada Pemilik YZF-R25 dan MT25

  3. Pingback: The Green Blog » Hot! Renderan Motor Touring BMW F310GS

  4. Pingback: The Green Blog » Flagship Store BMW Motorrad Terbesar Dunia Akan Dibangun di Jakarta

  5. Pingback: The Green Blog » Karyawan Honda Eratkan Silaturahmi. Satu Hati Di Bulan Yang Suci

  6. Pingback: The Green Blog » Foto Kumpulan Modifikasi Yamaha MX King / Exciter 150

Leave a Reply

Your email address will not be published.