Honda PCX Lokal Adalah Jawaban Dari N-MAX Facelift Atau Varian Sekutik 155 Lainnya

Honda PCX Lokal Adalah Jawaban Dari N-MAX Facelift Atau Varian Sekutik 155 Lainnya

Selamat sore mas bro dan mbak sis..

Adalah analisa dan pertanyaan yang lumrah bila memperkirakan apa tipe dan kapan PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) akan menjawab teka-teki dari pertanyaan tersebut.

Teka-teki yang beredar selama ini bukan tanpa alasan, bila mas bro dan mbak sis membaca artikel TGB selama ini, kode Tanda Pendataran Tipe Kendaraan Bermotor (TPT) dari PT. YIMM dengan kode ‘BB8’ adalah penyebab dari semua rumor yang selama ini beredar.

Kode TPT BB8 memiliki kubikasi kapasitas silinder 155,1cc ini sangat identik dengan Yamaha N-MAX 155. Namun belum bisa dipastikan varian apa yang akan dirilis PT. YIMM. Ada 3 kemungkinan rumor yang selama ini diprediksi, antara S-MAX 155, Tricity 155 yang belum lama ini ditampilkan di Jepang, atau bisa jadi ini adalah N-MAX facelift. Semua kemungkinan akan terjawab sesuai kehendak PT. YIMM yang mempunyai kuasa dan peranan.

Jangan ditanya motor apa nanti yang akan keluar, namun carilah apa penyebabnya.

Penjualan N-MAX 155 penyebabnya.

Sejak peluncuran hingga periode Maret 2016, penjualan N-MAX 155 laris manis di belasan ribu unit perbulan. Bila mas bro dan mbak sis menyimak artikel TGB sebelumnya, PT. YIMM kapasitas produksi untuk N-MAX 155. Bila sudah begini, PT. YIMM tahu dan sadar bahwa kelas yang mereka buka sangat diminati dipasaran domestik. Tentu hal ini mengundang pabrikan lain untuk turut mencicipi manisnya bermain di kelas tersebut. Maka, analisanya adalah pesaing terdekat sekarang adalah Honda yang mempunyai PCX 150 yang kini masih dalam status CBU alias Import. Apabila PT. Astra Honda Motor (AHM) memproduksi lokal Honda PCX 150, maka perkiraan media bahwa PT. YIMM mempersiapkan varian lain di kelas entry level premium sekutik 150cc untuk menemani N-MAX 155 terbukti benar. Dan bila terbukti benar, mungkin PT. YIMM telah belajar dari Yamaha Mio vs Honda Beat.

Kenapa PT.YIMM harus mengeluarkan S-MAX 155 untuk menghadapi PCX 150?

S-MAX 155 adalah nemesis PCX 150.

Bila mas bro dan mbak sis rajin membaca media online, di Amerika Yamaha S-MAX 155 menjadi kompetitor untuk Honda PCX 150. Bahkan kedua motor ini harus berhadapan dengan Suzuki Burgman 200.

Secara visual, keduanya memiliki desain yang bongsor, fitur speedometer display yang lengkap, serta headlamp yang belum memakai LED. Jadi wajarlah bila media mengarah ke Yamaha S-MAX 155 untuk menemani N-MAX 155. Berbeda dengan pasar Eropa dimana Yamaha mengandalkan N-MAX 125 untuk menjadi kompetitor dari Honda Forza 125.

Honda PCX Lokal Adalah Jawaban Dari N-MAX Facelift Atau Varian Sekutik 155 Lainnya

N-MAX 155 dan S-MAX 155 adalah untuk segmen berbeda walaupun dengan kubikasi mesin yang sama. Di artikel lainnya nanti TGB akan kupas perbedaan kedua varian Yamaha ini.

Kesimpulannya adalah PT. YIMM sepertinya belum akan merilis produk barunya untuk menemani N-MAX 155 selagi menunggu pergerakan kompetitor. Simplenya mereka tidak ingin membuat bingung konsumennya dengan dua pilihan produk, disaat sekarang mereka sedang menikmati sendiri karena tidak memiliki kompetitor.

Honda PCX Lokal Adalah Jawaban Dari N-MAX Facelift Atau Varian Sekutik 155 Lainnya

Kapan kompetitor ikut bersaing di kelas entry level premium sekutik?

Pantau terus The Green Blog 🙂

Top Posts:

This entry was posted in All New PCX and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

4 Responses to Honda PCX Lokal Adalah Jawaban Dari N-MAX Facelift Atau Varian Sekutik 155 Lainnya

  1. Pingback: The Green Blog » Penampakan Resolusi Rendah R15 Di Thailand

  2. Pingback: The Green Blog » Yamaha Alfa Scorpii Batam Center Beri Support Untuk Kelompok Penyanyi Jalanan

  3. Pingback: Modifikasi Honda Verza 150 CW dengan Ubahan Pada Pedal Pengoperan Gigi | The Green Blog

  4. Pingback: Issue Honda PCX Lokal Berhembus Lagi… Diduga Tidak Lama Lagi… | The Green Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published.