Penampakan Wujud Motor Listrik Karya Anak Bangsa

Penampakan Wujud Motor Listrik Karya Anak Bangsa

Selamat malam mas bro dan mbak sis..

Satu lagi karya anak bangsa yang layak untuk di apresiasi, prototype sekuter bertenaga listrik hasil kerjasama antara Garasindo Inter Global (GIG) dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya.

Rencananya prototype yang belum diberi nama tersebut akan dijual untuk umum dengan harga dibawah Rp 20 juta.

Protoype motor listrik ini menggendong motor listrik 5 kWh yang menjanjikan kecepatan maksimum setara motor mesin bensin 110cc, yaitu 100 km/jam.

Dengan kapasitas baterai 7 kWh yang  bisa menempuh jarak 90-100 km dalam satu kali pengisian penuh.

Dan membutuhkan waktu empat jam untuk mengisi penuh baterai dalam keadaan normal, namun dengan daya yang lebih besar waktu yang dibutuhkan cukup 1,5 jam untuk sekali pengisian penuh.

Motor listrik garapan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya – Garansindo sudah berwujud purwarupa. CEO Garansindo Muhammad Al Abdullah mengatakan, motor itu siap diuji jalan dengan menempuh jarak 3.000 km.

“Sebentar lagi akan ada uji coba dengan jarak 3.000-5.000 km. Ini benar-benar buatan Indonesia, bukan comotan dari China,” kata pria yang karib disapa Memet.

Menurut dia, mayoritas komponen pada motor itu sudah mampu dibuat oleh tim dari ITS Surabaya.

“Hanya baterai dan bannya saja yang kami ambil dari luar,” tutur dia.

Motor listrik ini akan dilengkapi dengan instrumen berbasis smartphone yang bisa berfungsi sebagai speedometer dan untuk melihat informasi kapasitas baterai. Semuanya tinggal plug and play.

Untuk kemudahan dan kenyamanan penggunanya dalam jaringan pengisian dan penggantian baterai, akan dilakukan kerjasama kemitraan dengan sejumlah retail dan minimarket.

Dan tidak perlu kuatir juga dengan kualitasnya, rencananya motor tersebut akan diberi garansi 5 tahun untuk baterai dan motor listriknya.

Semoga rencanya dapat berjalan dengan lancar dan bisa dilaksanakan secepatnya.

Pantau terus The Green Blog 🙂

Top Posts:

This entry was posted in Teladan and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.