Motor Sport 150cc Suzuki, Harus Full Fairing Dulu Baru Kemudian Naked Dirilis

Motor Sport 150cc Suzuki, Harus Full Fairing Dulu Baru Kemudian Naked Dirilis

Selamat pagi mas bro dan mbak sis..

Kabar akan kehadiran motor sport 150cc Suzuki dengan menggendong mesin Satria FU Fi semakin kuat terdengar. Dari mulai media besar, blogger ternama hingga pernyataan dari pihak Suzuki seakan meng-iyakan kabar tersebut.

Bertepatan dengan perilisan All New Satria FU Fi (16/02) petinggi Suzuki memberikan keterangan kepada wartawan, Mr. Seiji Itayama mengatakan:

“Mesin ini (Satria injeksi) kan benar-benar baru ya. Dikembangkan dari nol. Nantinya mesin ini bisa digunakan untuk model-model lain. Kesempatan untuk dikembangkan sangat luas. Ya memang motor sport lagi ramai sekali, nanti kita ke situ. Tunggu saja..”

Kemudian semakin menguat kabarnya dari pernyataan petinggi Suzuki, Pak Soebronto:

“Breaktrough-nya mungkin sport underbone, New Satria yang nantinya kita cost efficient. Ini juga akan digunakanframenya untuk sport bike. Jadi nanti akan ada motor sport dengan frame yang sama”

“Makanya ini entry point di sport underbone. Ini kan kita udah pakai mesin yang sudah updating. Nah Sekarang udah pakai watercool dan segala macam. Ini yang sedang kita persiapkan. Full fairing juga, naked juga. Stylenya kan lagi begitu sekarang. Mesinnya sama, framenya sama (Satria). Tapi berubah bentuk menjadi motor sport. Insya Allah (Tahun Ini). Nanti tunggu tanggal mainnya,” ungkapnya kepada Otosia.com

Alasan yang tepat bila kabarnya motor sport Suzuki menggendong mesin Satria FU Fi, dikarenakan spesifikasinya yang lebih bertenaga untuk motor sekelasnya 150cc.

Mari kita lihat spesifikasi mesin antara Suzuki Satria Fu Fi, Yamaha Vixion dan Honda CB150 SF berikut ini:

Suzuki Satria:

  • Tipe  Mesin : 4 tak, DOHC 4-klep
  • Kapasitas silinder : 147,3 cc
  • Daya Maksimum : 13,6 kW (18,5 ps) @ 10.00rpm
  • Torsi Maksimum : 13.8 Nm @8500 rp
  • Kompresi : 11,5 : 1

Spesifikasi Yamaha Vixion:

  • Engine : 4-Tak, SOHC 4-Valve
  • Bore x Stroke : 57.0 x 58.7 mm
  • Kapasitas Silinder : 149,7 cc
  • Rasio Kompresi : 10.4 : 1
  • Max Power : 16,59 ps @ 8.000 RPM
  • Max Torsi : 14,5 N.m @ 7.500 RPM

Spesifikasi New CB150:

  • Tipe Mesin : 4 Langkah, DOHC, 4 Klep
  • Kapasitas Mesin : 149.16 cc
  • Bore x stroke : 57.3 x 57.8 mm
  • Kompresi : 11.3:1
  • Daya Maks : 12.4 kW (16,9 ps) @9,000 rpm
  • Torsi Maks : 13.8 Nm @7,000 rpm

Melihat data spesifikasi mesinnya, mesin Suzuki Satria FU Fi memang lebih bertenaga. Bila Suzuki berniat menggendong mesin Satria FU Fi ke motor sportnya, tentu power yang lebih besar akan menjadi kekuatan point penting dalam penjualannya selain desain, fitur dan harga yang kompetitif.

Bila Suzuki merilis sport naked terlebih dahulu

Suzuki akan menjadi pendatang dan penantang baru. Disini bercokol pemain lama, ada dua raksasa pabrikan Jepang yang lebih dulu bermain dan menguasai pasar. Yamaha yang masih menjadi pemimpin jumlah penjualan di kelas sport naked 150cc dengan Vixion series-nya bahkan, Honda pun sedang berusaha untuk bersaing dalam jumlah penjualan dengan CB150 SF-nya.

Disinilah The Green Blog menilai bila Suzuki ikut terjun di kelas sport naked, maka akan menambah persaingan yang ketat. Tentunya hal ini dapat memperkecil peluangnya sendiri. Karena Suzuki bukanlah pemain awal, namun dianggap sebagai pelengkap. Disini kompetitor sudah matang dengan komunitasnya, berbagai asesoris atau spare part-nya yang sudah banyak di pasaran serta mesin yang sudah terbukti tangguh.

Bila Suzuki merilis sport fairing terlebih dulu

Suzuki dengan mesin Satria FU Fi yang powerfull tinggal mendesain jagoannya dengan desain racing look, di kelas ini adalah sport fairing. Penilaian konsumen tentunya adalah motor bergaya balap, dengan ergonomi layaknya motor balap, jangan nanggung. Suzuki harus berani dan jangan setengah hati.

Manfaatkan celah yang tidak dimiliki sport fairing kompetitor, desain single headlamp klan Suzuki GSX mempunyai dua lubang udara. Jangan hanya dijadikan pelengkap, maksimalkan fungsi aslinya sebagai corong udara untuk tambahan pendinginan area mesin.

Bagian tertentu seperti setang, foot step, spion coba dilabur dengan warna anodized layaknya motor sport dan asesoris balap. Suzuki bisa meniru gaya Honda yang mendesain dengan mirip untuk semua turunan klan CBR-nya. Suzuki juga mempunyai turunan klan GSX-nya yang eksotis dan sporty.

Ditambah lagi apabila Suzuki berhasil membuktikan kemampuan mesinnya dengan bergabung ajang balap kelas 150cc nasional, maka gaung namanya akan semakin dikenal.

Lalu, barulah Suzuki memberikan konsumen yang ingin memiliki motor sport 150cc yang kencang namun dengan selisih harga kisaran 8 hingga 9 jutaaan Rupiah dengan membeli produk varian lainnya, yaitu naked sport Suzuki.

Tidak hanya bersahabat di harga, tapi juga naked sport yang bersahabat untuk kenyamanan ergonominya bagi para konsumen yang menggunakan motor untuk segala aktifitasnya. Tapi tetap dengan tenaga yang sama dengan sport full fairing-nya.

Bila Suzuki merilis sport naked dan fairing secara bersamaan

Maka lengkaplah sudah pemain 3 pabrikan Jepang selain Kawasaki di kelas sport 150cc. Iya seperti yang The Green Blog analisa diatas, Suzuki menjadi salah satu pilihan calon konsumen yang ingin membeli motor sport 150cc. Namun, sayangnya Suzuki dianggap barang baru, pilihan yang baru. Bila sesuai analisa The Green Blog diatas, maka motor full fairing Suzuki akan lebih diminati calon konsumen daripada naked sport-nya.

Naked sport menjadi varian antara Satria dan sport fairing. Bukan berarti naked fairingnya gak bisa bersaing dengan Vixion dan CB150, namun harus setia menunggu, bila target penjualan tinggi maka stock barang akan menumpuk di dealer.

Ini hanya analisa The Green Blog pribadi tanpa bermaksud penggiringan opini. Semua bisa terjadi atau meleset dari perkiraan. Karena hanya menilai dari keadaan yang sekarang, padahal motornya belum ada. Tidak ada yang akan tahu keadaan nanti saat Suzuki mewujudkan motor sport 150cc. Dan semuanya kembali kepada keputusan hak mutlak Suzuki.

Motor Sport 150cc Suzuki, Harus Full Fairing Dulu Baru Kemudian Naked Dirilis

Kapan motornya akan dirilis Suzuki? Banyak yang meyakini semester 2 tahun 2016.

Pantau terus The Green Blog 🙂

Top Posts:

This entry was posted in Suzuki and tagged , , . Bookmark the permalink.