Yamaha Sapu Bersih Seri Pertama Kejurnas IRS Sport 150cc di Sirkuit Sentul

Yamaha Sapu Bersih Seri Pertama Kejurnas IRS Sport 150cc di Sirkuit Sentul

Selamat malam mas bro dan mbak sis..

Kejuaraan Nasional Indospeed Race Series Seri Pertama yang berlangsung di Sirkuit International Sentul, Bogor pada hari Minggu kemarin (27/3) membawa Syahrul Amin, pembalap asal Jawa Timur dari Yamaha Yamalube NHK IRC Nissin NGK Bahtera RT keluar sebagai juara seri pertama di ajang balap Kejuaraan Nasional Indospeed Race Series (Kejurnas IRS) 2016 kelas sport 150 cc.

Syahrul Amin strategi bermain aman

Mengawali start di posisi kedua, Syahrul bersaing ketat dengan Fitriansyah Kete, Irwan Ardiansyah, Janoer Deden, dan Wilman Hammar di posisi 5 teratas. Di 3 lap awal, Syahrul masih mempertahankan posisinya di 3 teratas. Tetapi di lap keempat, pembalap berusia 19 tahun ini melorot ke posisi 15.

“Persaingan memang semakin berat, sangat ketat untuk bisa menang. Kete jadi lawan yang paing ketat. Saya push di 3 lap  awal, kemudian posisi saya mundur sampai ke 15. Saya main aman untuk jaga mesin supaya motor stabil dan aman,” kata Syahrul.

Dengan strategi itu Syahrul berhasil mencatatkan waktu tercepat (best time) yaitu 1:51.095 detik. Unggul dari Kete di 1:52.091 dan Irwan dengan catatan 1:52.273 detik. Kemenangan Syahrul tidak terlepas dari tim mekanik yang bekerja mencari  settingan terbaik baginya.

“Soal strategi main aman itu adalah strategi pembalap. Untuk motor saya pakai settingan ECU Aracer, kombinasi ban IRC di depan dan Pirelli di ban belakang. Motor yang kita pakai masih baru semua, jadi masih terus maping mesin dan timing,” ujar Widya Krida Laksana, Chief Mekanik Bahtera Racing

Panitia menemukan kecurangan

“Di kelas 150cc, regulasi untuk Kejurnas IRS mengatakan bobot minimum rider dan motor tanpa bahan bakar adalah 160 kg. Kalau memang tidak memenuhi persyaratan, ya jangan diakal-akalin. Jadi, kalau tidak dapat memenuhi bobot ini, rider akan didiskualifikasi dari race,” kata Supriyanto, Manajer Motor Sport PT YIMM.

Tercatat ada 3 rider yang tidak memenuhi syarat ini, yaitu:

  1. M Febriansyah, DKI, Honda Ultraspeed
  2. Bangun Septyana, DKI, Ganda Sari Racing RSS
  3. Lucky Kaddi, Sulses, Honda Sidrap Racing Team

“Lucunya ada rider yang memasukan tools ke dalam baju supaya bobot saat di timbang bertambah. Ini termasuk mencederai sportifitas pembalap juga bisa merugikan tim. Tapi semoga dengan kejadian ini bisa jadi pelajaran untuk semua rider dan tim  untuk menjunjung tinggi sportifitas,” ujar Supriyanto.

Yamaha Sapu Bersih Seri Pertama Kejurnas IRS Sport 150cc di Sirkuit Sentul

Mesin DOHC Honda kalah dengan mesin SOHC Yamaha

Yamaha bukan hanya menyapu bersih seluruh podium. Sudarmono pembalap asal Jogjakarta di bawah naungan Astra Motor Racing Team tersebut harus puas di posisi ke-13. Karena dari posisi 1 hingga 12 di isi semua pembalap dengan motor Yamaha.

Yamaha Sapu Bersih Seri Pertama Kejurnas IRS Sport 150cc di Sirkuit Sentul

Kita tunggu saja Kejurnas IRS seri selanjutnya, apakah Yamaha bisa kembali menguasai?

Pantau terus The Green Blog 🙂

sumber : yamaharacingindonesia.co.id

Top Posts:

This entry was posted in Yamaha Racing and tagged , . Bookmark the permalink.

4 Responses to Yamaha Sapu Bersih Seri Pertama Kejurnas IRS Sport 150cc di Sirkuit Sentul

  1. Pingback: The Green Blog » Kasus Rangka Honda Old CB150 Street Fire Bisa Patah

  2. Pingback: The Green Blog » Perkenalkan Yamaha Mio Z Dengan Ukuran Ban Yang lebih Besar

  3. Pingback: The Green Blog » Motor Sport 150cc Suzuki, Harus Full Fairing Dulu Baru Kemudian Naked Dirilis

  4. Pingback: The Green Blog » MotoGP Argentina Yang Penuh Kejutan

Leave a Reply

Your email address will not be published.