Rencana Penurunan Harga BBM Bersubsidi per 01 April 2016, Selisih Harga Dibawah Rp 1.000

Rencana Penurunan Harga BBM Bersubsidi per 01 April 2016, Selisih Harga Dibawah Rp 1.000

Selamat siang mas bro dan mbak sis..

Masih berhubungan dengan sepeda motor roda dua, yaitu Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium bersubsidi. Berita ini The Green Blog rangkum dari arsip Okezone.com dan VIVA.co.id.

Dari arsip Okezone.com, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said memastikan harga bahan bakar minyak (BBM) akan kembali diturunkan per tanggal 1 April 2016. Namun, diperkirakan harga BBM hanya diturunkan tak lebih dari Rp1.000. Artinya, harga BBM jenis premium tetap berada pada level sekira Rp6.000 per liter.

Walaupun angka ini dinilai masih jauh di atas harga keekonomian. Pasalnya, saat ini harga minyak dunia telah jauh terkoreksi di bawah USD 40 per barel.

Ketua Komisi VII DPR RI Gus Irawan Pasaribu mengungkapkan, pemerintah melalui Kementerian ESDM perlu melakukan kajian yang mendalam terkait penentuan harga BBM. Sehingga, diharapkan keputusan penurunan harga BBM nanti dapat memberikan manfaat luas bagi masyarakat.

“Saya kira menjelang 1 April pemerintah perlu melakukan kajian yang mendalam terkait penurunan harga. Jangan sampai dampak dari penurunan ini tidak dirasakan oleh masyarakat.” ungkap Ketua Komisi VII DPR RI Gus Irawan Pasaribu.

Penghitungan yang saat ini telah dilakukan oleh Komisi VII DPR RI berdasarkan harga minyak dunia, harga BBM jenis premium seharusnya berada pada kisaran harga Rp5.000 hingga Rp5.500. Perkiraan harga ini berdasarkan penurunan harga minyak dunia yang saat ini tak beranjak dari kisaran USD 30 per barel.

“Sebetulnya hitungan saya, hitungannya Rp5.000 ke Rp5.500 untuk premium. Jadi jangan terlalu besar jarak antara harga keekonomian dengan harga yang ditetapkan,” jelas Irawan.

Karena itu, Irawan pun mengharapkan pemerintah lebih transparan kepada masyarakat terkait harga keekonomian BBM. Sebab, selama ini pemerintah selalu merahasiakan berapa harga keekonomian yang seharusnya dibayar oleh masyarakat dalam setiap pembelian BBM.

“Kita harapkan pemerintah ini harus transparan. Berapa harga keekonomiannya. Jangan seperti selama ini. Selama ini tidak pernah tau masyarakat berapa harga keekonomian dari BBM,” tukas Irawan

Sementara dari berita yang dilansir di VIVA.co.id, PT Pertamina mengusulkan harga BBM turun sebesar Rp400 per liter. Dikarenakan perusahaan ini mempertimbangkan beban masyarakat pada saat Ramadan dan liburan anak sekolah.

“Betul kami mengusulkan itu,” kata Direktur Pemasaran Pertamina Ahmad Bambang, Senin, 28 Maret 2016.

Ahmad mengatakan, Pertamina melihat ada kebutuhan besar yang ditanggung masyarakat saat Juli 2016, yaitu Ramadan dan liburan anak sekolah.

Mereka melihat pengeluaran yang dikeluarkan masyarakat akan besar untuk memenuhi dua kebutuhan tersebut.

“Kami melihat tanggal 1 Juli 2016 nanti di mana Puasa, mau Lebaran, dan libur anak sekolah, sebaiknya harga BBM tidak naik,”

Untuk itu, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini mengusulkan harga BBM turun sebesar Rp400 per liter untuk jenis premium dan solar.

Dengan begitu, harga premium bisa turun dari Rp7.050 per liter menjadi Rp6.650 per liter dan solar turun dari Rp5.650 per liter menjadi Rp5.250 per liter.

Namun, kalau penurunan harga BBM terlalu besar pada periode 1 April 2016-30 Juni 2016, dikhawatirkan pada awal Juli 2016, harga BBM diperkirakan akan naik kembali.

“Kalau harga BBM naik, harga barang langsung naik. Maka, akan lebih baik harga BBM stabil apalagi menjelang dan selama Puasa, Lebaran, dan liburan,”

Melihat berita tersebut, semoga Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) , Menteri ESDM dan PT. PERTAMINA bisa mendapat kesepakatan serta kebijakan untuk kepentingan bersama. Sehingga Presiden Republik Indonesia bisa memberikan keputusan yang tepat agar memberikan manfaat bagi seluruh lapisan dan pihak di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Tentunya kita ingin harga termurah agar meringankan beban rakyat, namun semua ada aturan dan biaya produksi serta akomodasi yang harus dipikirkan PERTAMINA.

Berapakah harga BBM yang akan diputuskan Pemerintah? Mas bro dan mbak sis setuju di harga berapa BBM Premium Bersubsidi?

Rencana Penurunan Harga BBM Bersubsidi per 01 April 2016, Selisih Harga Dibawah Rp 1.000

Pantau terus The Green Blog 🙂

Top Posts:

This entry was posted in Bensin and tagged , . Bookmark the permalink.

11 Responses to Rencana Penurunan Harga BBM Bersubsidi per 01 April 2016, Selisih Harga Dibawah Rp 1.000

  1. ketela12 says:

    itu cwe koj kliatan :v

  2. ndesoedisi says:

    turunnya sedikit-sedikit..

    • lamikgemini says:

      Kenapa sekarang gak bisa komen langsung ya artikel kang Nde lewat aplikasi wordpress untuk android??

  3. Pingback: The Green Blog » Yamaha Sapu Bersih Seri Pertama Kejurnas IRS Sport 150cc di Sirkuit Sentul

  4. Pingback: The Green Blog » Kasus Rangka Honda Old CB150 Street Fire Bisa Patah

  5. Boleh to kayaknya yang jadi petugas Pom bensin hahaha

  6. Pingback: The Green Blog » Hasil Kualifikasi MotoGP Argentina, Marquez Pole Position, Rossi Start Dibelakang Marquez

  7. Pingback: The Green Blog » Pengalaman Bersama Vixion Lightning Family Palembang

  8. Pingback: The Green Blog » Motor Sport 150cc Suzuki, Harus Full Fairing Dulu Baru Kemudian Naked Dirilis

  9. Pingback: The Green Blog » Perkenalkan Yamaha Mio Z Dengan Ukuran Ban Yang lebih Besar

Leave a Reply

Your email address will not be published.