Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Kalau Mas bro Meninggalkan Motor Dalam Waktu yang Lama

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Kalau Mas bro Meninggalkan Motor Dalam Waktu yang Lama

Selamat siang Mas bro dan Mbak sis…

Tidak sedikit diantara kita yang meninggalkan motor dalam waktu yang cukup lama. Alasannya bisa bermacam-macam. Mulai dari pekerjaan yang harus pergi beberapa bulan, liburan beberapa minggu atau mungkin juga memiliki kendaraan lebih dari satu sehingga ada kendaraan lain yang jarang dibelai.

Yang paling ideal sich menitipkan motor tersebut kepada orang yang dapat dipercaya untuk merawatnya. Namun jika tidak ada yang bisa dititikan mungkin tips ini berguna saat kita harus meninggalkan motor dalam waktu yang cukup lama yang TGB sarikan dari welovehonda.com.

1. Ganti oli.

Sebelum Mas bro meninggalkan motor kesayangan, ganti olinya dengan yang baru dan panaskan mesin motornya agar oli baru tersirkulasi ke seluruh bagian. Jika memang sang motor akan ditinggal untuk waktu yang cukup lama, misalnya lebih dari 2 bulan, penuhi saja bak kopling dengan oli agar karat enggan menempel. Tapi pastikan Mas bro ingat untuk menguras kelebihan oli tersebut saat kembali nanti.

2. Isi bensin fulltank.

Hal ini juga berguna untuk menghindari terjadinya karat saat motor kesayangan ditinggal dalam waktu lama. Namun saat Mas bro kembali, pastikan langsung menguras bensin tersebut dan isi dengan bensin yang baru. Bensin yang terlalu lama mengendap di tangki biasanya membuat performa mesin jadi tidak maksimal.

3. Kuras air radiator.

Jika motor Mas bro menggunakan radiator, kuras air radiatornya yang lama dan ganti dengan yang baru. Hal ini juga untuk mencegah terjadinya karat di sistem radiator.

4. Cabut aki.

Jika motor ditinggal dalam waktu lama tapi aki tidak dicabut, aliran listrik dari aki akan terus mengalir. Hal tersebut akan membuat aki soak. Lebih baik simpan aki motor Mas bro di tempat yang aman. Atau kalau sudah kurang bagus, buang saja. Nanti saat Mas bro kembali, langsung ganti dengan aki yang baru.

5. Cari tempat aman untuk menyimpan motor.

Pastikan tempatnya cukup aman dan tidak bocor dalam artian berada di dalam ruangan. Mas bro tentu tidak mau ketika kembali, rangka motor sudah karatan.

6. Berdirikan motor dengan standar tengah.

Buat motor Sport, bisa pakai standar paddock atau dongkrak.

7. Kunci pengaman.

Tutupi motor dengan tudung atau terpal. Kalau bisa sih pakai tudung yang sudah didesain untuk motor. Lalu kunci tempat penyimpanan motor Mas bro dan titipkan kunci pada orang yang paling Mas bro percaya.

Semoga ke tujuh tips diatas bermanfaat.

Top Posts:

This entry was posted in Tips and tagged . Bookmark the permalink.

5 Responses to Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Kalau Mas bro Meninggalkan Motor Dalam Waktu yang Lama

  1. Pingback: The Green Blog » 19 Tahun Kiprah Mabua Harley Davidson

  2. Pingback: The Green Blog » Yamaha Perpanjang Kontrak Rossi Hingga 2018, Lorenzo Menggantung Status Karena Tawaran Ducati?

  3. Pingback: The Green Blog » Perkembangan Menuju Indonesia Sebagai Tuan Rumah MotoGP

  4. Pingback: The Green Blog » Modifikasi Honda Verza 150 CW dengan Ubahan Pada Handle Bar

  5. miauwsaber says:

    Mantaps ..tip’s & trick+nya gan …. Thanks 4 sharing yah … =)

Leave a Reply

Your email address will not be published.