Tahukah Anda Kalau Polisi Tidak Berhak Tilang Motor yang Pajak Kendaraannya Mati?

Tahukah Anda Kalau Polisi Tidak Berhak Tilang Motor yang Pajak Kendaraannya Mati

Salah satu permasalahan yang kerap terjadi di jalan raya adalah masih ada oknum polisi yang berani menilang hanya karena status pajak kendaraan belum dibayar. Lantas apakah penilangan pajak yang mati berada di bawah wewenang petugas kepolisian?

Sebagaimana dituliskan Andyta di situs warungkopi.okezone.com, Jawabannya adalah tidak. Polisi tidak berhak menilang warga hanya karena status pajak kendaraan bermotor masih menunggak alias belum dibayar, karena kewenangan tersebut merupakan milik Dispenda.

Polisi hanya bisa menegur dan menyarankan agar pengendara segera membayarkan pajaknya. Hal ini dikarenakan mereka tidak mempunyai dasar hukumnya untuk melakukan penilangan bagi keterlambatan tersebut.

Hal tersebut mengacu pada Undang-Undang Lalulintas Nomor 22 Tahun 2009. Hanya pelanggaran yang menyangkut kelengkapan STNK yang masih hidup/berlaku, lampu sein dan seterusnya yang berhak ditindak oleh polisi dengan cara menilang.

Semoga bermanfaat

Top Posts:

This entry was posted in Edukasi and tagged . Bookmark the permalink.

4 Responses to Tahukah Anda Kalau Polisi Tidak Berhak Tilang Motor yang Pajak Kendaraannya Mati?

  1. Pingback: The Green Blog » Biaya Perawatan Berkala Kawasaki Ninja 150 L Tahun 2013 Setelah 3 Tahun Pemakaian

  2. Pingback: The Green Blog » 19 Tahun Kiprah Mabua Harley Davidson

  3. Pingback: The Green Blog » Menanggapi Perpanjangan Kontrak Rossi, Lorenzo Menjawab Karena Rossi Tidak Punya Pilihan Lain

Leave a Reply

Your email address will not be published.