Empat Fakta Menarik Tentang MotoGP yang Tidak Banyak Orang Tahu

Empat Fakta Menarik Tentang MotoGP yang Tidak Banyak Orang Tahu

Selamat siang Mas bro dan Mbak sis…

Pagelaran akbar MotoGP telah usai beberapa hari yang lalu di sirkuit Valencia, Spanyol. Juara dunia pun sudah sah jatuh ke tangan Jorge Lorenzo dengan mengantongi perolehan angka 330 point dimana unggul 5 point dari pesaing terdekatnya yang juga sama-sama dari team Movistar Yamaha, Valentino Rossi dengan perolehan angka 325 point.

MotoGP musim 2015 memang sangat menarik perhatian. Biasanya MotoGP mulai menarik saat pertengahan musim. Tapi di MotoGP 2015 ini kontroversi sudah muncul seri ke tiga musim 2015 yaitu saat digelarnya MotoGP di Argentina bulan April silam.

Sampai puncaknya terjadi di seri ke 17 di sirkuit Sepang, Malaysia. Dimana terjadi insiden Sepang clash yang melibatkan pemuncak klasemen Valentino Rossi dengan rivalnya yaitu Marc Marquez dari team Repsol Honda.

Dari situlah hampir semua orang membicarakan MotoGP. Dari yang memang ahlinya sampai orang yang tidak pernah nonton MotoGP pun ikut melontarkan pendapatnya. Ini terbukti dari munculnya Valentino Rossi dan Marc Marquez di trending topic Twitter di Indonesia.

Empat Fakta Menarik Tentang MotoGP yang Tidak Banyak Orang Tahu

Dibalik itu semua sebenarnya ada 4 fakta menarik tentang MotoGP yang tidak banyak orang tahu. Fakta tersebut melibatkan empat negara di dunia.

Mau tau fakta tersembunyi tentang MotoGP 2015 tersebut?

Silakan simak ulasan berikut ini.

1. Jepang.

Negara ini mendominasi panggung MotoGP dengan hadirnya tiga pabrikan besar yaitu Yamaha, Honda dan Suzuki. Sebanyak 18 dari total 28 rider mengendarai motor asal pabrikan Jepang tersebut. Tapi sayang Jepang tidak memiliki pembalap yang berlaga di kelas para raja tahun 2015 ini.

Kesimpulannya adalah Jepang punya pabrikan tapi gak punya pembalap juara dengan kata lain bisa bikin tapi  gak bisa pakai.

2. Italia.

Negara ini masih dibawah bayang-bayang Jepang dimana hanya dua pabrikan besar yang ikut meramaikan MotoGP 2015 yaitu Ducati dan Aprilia.

Tapi Italia memiliki banyak pembalap yang ikut berlaga di kelas MotoGP sebut saja Valentino Rossi, Andrea Iannone, Andrea Dovizioso, Danilo Petrucci dan Michele Pirro.

Bahkan salah satu dari kelima pembalap Italia tersebut yaitu Valentino Rossi berhasil menjuarai kelas MotoGP sebanyak 7 kali yaitu tahun 2001, 2002, 2003, 2004, 2005, 2008 dan 2009.

Kesimpulannya adalah Italia punya pabrikan dan juga punya pembalap juara dengan kata lain bisa bikin dan bisa pakai.

3. Spanyol.

Dalam hal pabrikan negara ini sangat jauh tertinggal dari Jepang dan Italia. Tercatat hanya satu pabrikan yang turut serta di ajang MotoGP ini yaitu Aspar Racing Team (ART). Motor yang dikendarai oleh Alex De Angelis ini hanya mampu meraih dua point dan harus menerima kenyataan pahit berada di posisi juru kunci klasemen akhir MotoGP.

Tapi Spanyol memiliki banyak pembalap yang ikut berlaga di kelas MotoGP sebut saja Jorge Lorenzo, Marc Marquez, Dani Pedrosa, Pol Espargaro, Toni Elias, Hector Barbera, Aleix Espargaro, Maverick Vinales dan Alvaro Bautista.

Bahkan dua diantara mereka mendominasi daftar juara MotoGP enam tahun terakhir. Jorge Lorenzo juara MotoGP tahun 2010, 2012 dan 2015 dan Marc Marquez juara MotoGP tahun 2013 dan 2014.

Kesimpulannya adalah Spanyol tidak punya pabrikan tapi punya pembalap juara dengan kata lain bisa pakai doang tapi gak bisa bikin.

4. Indonesia.

Indonesia tidak punya pabrikan yang mampu menempus pasar dunia dan juga tidak punya pembalap yang berlaga di kelas MotoGP. Tapi Indonesia punya banyak komentator, punya banyak pendukung fanatik yang sampai hujat sana sini demi pembalap idolanya.

Kesimpulannya adalah Indonesia tidak bisa bikin, tidak bisa pakai dan hanya bisa komentar dan hujat-hujatan.

Semoga bermanfaat.

This entry was posted in MotoGP and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Empat Fakta Menarik Tentang MotoGP yang Tidak Banyak Orang Tahu

  1. cafe says:

    hahaha… indonesia paling banyak comentatornya yah

Leave a Reply

Your email address will not be published.