Ada Apa di Tahun 2015? Yang Udah Pasti Pajak Progresif Kendaraan Bermotor Bakalan Naik!

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus berupaya melakukan pembenahan untuk mengatasi persoalan kemacetan di Ibukota. Rencananya, Pemprov bakal menaikan tarif pajak progresif terhadap pemilik kendaraan bermotor (PKB) pribadi mulai awal tahun depan.

Pajak Progresiff

Kepala Dinas Pelayanan Pajak DKI Jakarta Iwan Setiawan mengatakan rencana kenaikan PKB ini tidak berlaku untuk kendaraan umum ataupun kendaraan milik perusahaan.

“Januari nanti targetnya. Kami memberlakukan pajak progresif ya itu untuk mengurangi kendaraan kepemilikan pribadi. Kemacaten juga, supaya masyarakat lebih produktif jangan konsumtif, karena pajaknya mahal,” ujar Iwan usai dialog publik ‘Pembatasan Usia Armada Angkutan Umum’ di Hotel Puri Denpasar, Jakarta Selatan, Rabu (12/11/2014).

Pajak Progresif

Dia pun merincikan contoh kenaikan tarif PKB pribadi dengan kisaran 0,5 persen hingga 6 persen. Hal ini tergantung jumlah kepemilikan kendaraan.

“Progresifitas kendaraan pertama itu 1,5 persen menjadi 2 persen. Kendaraan kedua tarifnya 2 persen jadi 4 persen, kepemilikan ketiga kalau tiga persen jadi enam persen. Kendaraan kepemilikan keempat, kelima, keenam, seterusnya itu kalau sekarang 4 persen nanti jadi 10 persen,” katanya.

Selain mengurangi kemacetan, kenaikan tarif ini juga untuk memenuhi target proporsional PKB pribadi tahun depan yang naik sebesar Rp 6 triliun sampai Rp 7 triliun. Diakuinya, sumbangan PKB untuk APBD cukup besar setiap tahunnya yang berkisar 35 persen.

“Hasil dari itu nanti akan digunakan pemerintah dalam rangka pembelian bus atau transportasi umum. Jadi, supaya mereka beralih, filosofinya itu,” katanya.

pajak-mobil-130828b

Mau tau cara menghitung pajak progresif kendaraan nermotor? (klik disini).

Selain pajak progresif kendaraan nermotor biaya buat SIM A, B, dan C juga naik antara 150% hingga 275% di tahun 2015 (klik disini).

Sumber: Detik

Top Posts:

This entry was posted in Pajak and tagged , , . Bookmark the permalink.

16 Responses to Ada Apa di Tahun 2015? Yang Udah Pasti Pajak Progresif Kendaraan Bermotor Bakalan Naik!

  1. wtf170 says:

    Selain pajak progresif kendaraan nermotor biaya
    buat SIM A, B, dan C juga naik antara 150%
    hingga 275% di tahun 2015 (klik disini).
    =======
    bikin sim aja sekarang d getok 600ribuan…la kl naik apa jadi 1,5 juta

  2. yusufblog23 says:

    waduuh, mundak meneh…

  3. st3v4nt says:

    Udah pajak dinaikin, bensin dinaikin, motor gak boleh lewat ERP, + suruh beralih ke kendaraan umum yg lebih mahal….bukan makin kaya malah makin miskin habis deh golongan menengah bawah.. 🙁

  4. Anonymous says:

    Waduk. Parah. Serbaa naik. Yg kayaaa. Makin. Kaya. Yg. Miskin ttahbah ggaa bisaa . Makann

  5. yekaha2002@yahoo.com says:

    siapa suruh pilih JKW? semua jadi naik

Leave a Reply

Your email address will not be published.