Fungsi Utama Rear Grip Pada Sepeda Motor

Rear Grip

Lagi asik-asik nyimak percakapan di group whatsapp D’Gujubar tiba-tiba rekan blogger yang dikenal dengan nama ndesoedisi memposting gambar seperti yang TGB attach di atas. Percakapan antara rider dan boncenger boleh diabaikan.

Yang ingin TGB bahas adalah fungsi utama daripada rear grip pada sepeda motor.

Menurut pengamatan TGB, fungsi daripada rear grip pada sepeda motor yang paling utama adalah sebagai pegangan boncenger.

Kalau kita melihat gambar diatas dimana posisi rider menunduk dan jarak antara rider dan boncenger cukup jauh maka yang paling ideal adalah boncenger memegang rear grip bukan nemplok memeluk sang rider.

Kenapa?

Karena kalau boncenger nemplok memeluk sang rider yang terjadi adalah seluruh bobot rider ditambah bobot boncenger tertumpu pada lengan sang rider. Kalau kejadian tersebut berlangsung lama maka lengan sang rider akan tegang dan akan terjadi keram di sekujur tangan beserta kesepuluh jarinya.

Kalau semua itu sudah terjadi maka refleks untuk mencengkram rem dan kopling akan berkurang dan tentu saja akan membahayakan rider dan boncenger.

Kalau sudah begini ya gak safety lagi namanya. Betul gak Mas bro.

Semoga bermanfaat.

Top Posts:

This entry was posted in Motorcycle and tagged . Bookmark the permalink.

33 Responses to Fungsi Utama Rear Grip Pada Sepeda Motor

  1. Kobayogas says:

    rear grip hanya untuk yang gak mau pegangan sama ridernya 😛

  2. ndesoedisi says:

    hadir….
    wah mantap Om, saya malah ga kepikiran sampai kesana :mrgreen:

  3. Biar punggung ridernya ga bolong dua 😀

  4. KLX Adventure says:

    Rear grip untuk yang lagi PDKT 😛

  5. reza@buitenzorg says:

    makanya rear grip motor ane dilepas biar yang dibonceng jadi ” nangkod ” hehehe..

  6. sijidewe says:

    buat mindahin / geser

  7. aiefz says:

    buat boncenger cwo biar gak meluk :mrgreen:

  8. cukimay says:

    Berarti yg ndak pake grip motor alay donk 🙂

    • tergantung om… kalau saya ngeliatnya begini… kalau memang bawaan pabriknya gak ada rear grip berarti memang peruntukannya bukan untuk boncengan…. kalaupun ada boncengannya dan bisa dipakai untuk boncengan tetap keamanannya sedikit kurang antisipasinya ya adalah peluk si rider hehe… nah kalau bawaan pabriknya ada rear grip dan dicopot demi estetika semata ya berarti faktor keselamatannya untuk boncengernya berkurang…

  9. lonkpark says:

    tp yg gw rasakan kalo b0ncenger pegangan rear grip malah ga seimbang jd berat ke belakang

  10. adhyg13 says:

    tapi kalo boncenger gitu malah susah dibonceng, enakan mepet rider jadi ngikut gerak rider pas manuver. jadi gak kaya bonceng beras sekarung 😀

  11. sebastian says:

    Maaf nih klo salah koreksi ya setauku waktu aku baca dan ada kampanye safety riding yg dibelakang malah harus deket sama pengemudi biar yg dibelakang bisa ngikuti gerakan pengemudi dan motor bisa lincah krn keseimbangan mudah kekontrol, dan rear grip fungsinya mempermudah untuk standart tengah,.. IMHO

    • terima kasih bro sebastian atas inputnya… sebenarnya fungsi reargrip banyak bisa buat pegangan boncenger, bisa buat pegangan untuk memudahkan parkir saat standar tengah, atau geser-geser motor saat parkir. selain itu juga buat ikat jas ujan atau tas dengan memerlukana alat bantu seperti cargo net. kampanye safety riding benar sekali boncenger sedekat mungkin dengan rider agar seimbang. tetapi untuk motor tertentu seperti matic bongsor agak sulit karena posisi antara jok rider dan jok boncenger berjauhan. oleh karena itu rear grip sangat membantu sekali.

  12. Van D Teach says:

    Kalau saya milih motor yang safety dan comfortable buat boncenger. Hidup rear grip!
    Hehehe…

  13. Pingback: Buntutnya Bertanduk, Motor Apa Namanya? | Sing Indo

  14. Ya berarti sesuai dengan kondisi dan syarat jalan ya Kang?

Leave a Reply

Your email address will not be published.