Tips Agar Tak Tertipu Sopir Abal Abal Seperti Wismoyo

083345_eman

Kemarin kita digegerkan oleh berita tentang sopir yang mambawa kabur mobil majikannya. Sopir yang bernama lengkap Nurjaya Wismoyo asal Wonogiri memperdaya korban-korbannya dengan berkelakuan sopan, terpelajar, dan berpakaian rapi sehingga majikan tidak menaruh curiga kepada Wismoyo.

Sebenarnya hal ini adalah modus lama dan kini terjadi lagi. Pihak kepolisian masih mencoba menelusuri kasus penipuan yang dilakukan oleh Wismoyo.

Oleh karena itu TGB menghimbau agar masyarakat berhati-hati dalam mempekerjakan asisten yang memiliki akses terdekat kepada keluarga kita. Dalam hal ini tidak hanya sopir tetapi berlaku juga untuk PRT, baby sitter atau bahkan security pribadi sekalipun.

Dibawah ini ada beberapa tips agar terhindar dari penipuan yang dilakukan oleh sopir, PRT, baby sitter dan security pribadi dengan modus operandi serupa:

  1. Jangan asal terima dan lekas percaya kepada orang yang baru kita kenal. Kita harus teliti, waspada dan hati-hati agar tidak terperdaya dengan kelakuannya yang sopan dan pakaiannya yang rapi.
  2. Minta mereka menunjukkan identitas resminya seperti KTP dan SIM. Cek apakah data yang terdapat di KTP dan SIM sinkron. Simpan foto copy KTP dan SIM nya. Dan jangan lupa ambil foto KTP dan SIM jadi kalau ada masalah seperti diatas sangat mudah untuk men-share-nya
  3. Cek kebenaran alamat yang tertera di KTP dan SIM nya dengan cara mendatangi rumahnya secara langsung jadi kita benar-benar yakin kalau mereka bukan abal-abal. Intinya kita harus benar-benar kenal dekat dengan keluarganya.
  4. Simpan kontak person rekan atau sahabat yang merekomendasikan dan simpan juga kontak person penanggungjawabnya kalau kita mengambil dari yayasan penyedia jasa mereka.

Semoga ini jadi pelajaran buat yang lain, dan kasusnya segera terungkap.

Semoga bermanfaat

This entry was posted in Car and tagged , . Bookmark the permalink.

10 Responses to Tips Agar Tak Tertipu Sopir Abal Abal Seperti Wismoyo

  1. potretbikers says:

    wach….menakutkan juga ya, memilih sopir….emang dunia ini semakin ada-ada saja 😉

  2. orong-orong says:

    wah parah juga ya nich orang

  3. ndesoedisi says:

    waspadalah..waspadalah..

  4. RPMspeed says:

    wadduh supir aja abal2 😮

Leave a Reply

Your email address will not be published.