Cara Bayar Pajak Kendaraan 5 Tahunan dan Cek Fisiknya

112614_samsat

Kendaraan mas bro sudah berusia 5 tahun dan sudah saatnya bayar pajak? Bagaimana prosesnya? Apakah ribet mengurusnya?

Melalui penelusuran proses pembayaran pajak 5 tahunan di beberapa Samsat. Begini nih prosesnya. Tidak usah pakai jasa calo ya mas bro , bisa sendiri kok dan gampang!

“Bayar dulu pajaknya, baru pakai kendaraannya ya,” ujar seorang petugas polisi di Samsat dengan ramah.

1. Fotokopi KTP, STNK, BPKB

Sebelumnya, siapkan dulu fotokopi KTP atau SIM, STNK dan BPKB kendaraan. Pastikan nama di KTP dan STNK serta BPKB sama.

Kalau tidak sama, yang punya kendaraan harus menyertakan surat kuasa kepada mereka yang mengurus pembayaran pajak.

2. Cek Fisik

112723_samsat1

Tidak seperti pembayaran pajak tahunan biasa, kendaraan yang berumur 5 tahun, harus mengikuti cek fisik terlebih dulu.

Motor dan mobil diparkirkan di dekat lokasi cek fisik, kemudian fotokopi STNK, BPKB dan KTP tadi kita simpan saja di meja petugas di cek fisik.

Kemudian petugas akan mengecek nomor rangka dan nomor mesin kendaraan dan menggesek nomor-nomor itu ke kertas khusus.

Dalam pantauan, petugas tidak melakukan pengecekan ban, kelistrikan kendaraan atau kondisi fisik lainnya, padahal di Undang-undang disebutkan cek fisik harus meliputi pemeriksaaan lampu kendaraan.

Setelah cek fisik selesai, petugas akan memberikan formulir cek fisik.

3. Antre di Loket Penyerahan Berkas

112803_samsat2

Setelah cek fisik sekitar sejam, saatnya menyerahkan berkas ke petugas di loket 2. Tunggu beberapa saat sampai petugas menyebutkan nama mas bro untuk menunjukkan BPKB asli.

4. Tunggu notice pembayaran dan bayar di kasir

samsat4

Setelah penyerahan berkas, petugas akan memanggil lagi mas bro untuk memberikan notice pembayaran yang harus mas bro bayar di kasir.

Kalau ada denda karena keterlambatan pembayaran maka akan langsung dibebankan ke bon tadi. Untuk motor seperti bebek tarif PKB nya sekitar Rp 200.000, tergantung tipenya. Untuk tipe yang lebih mahal bisa mencapai Rp 500.000.

Sementara mobil bisa mencapai Rp 2 juta atau malah lebih dari itu, tergantung tipe mobilnya pula.

Karena ada pembuatan pelat nomor maka ada tambahan biaya untuk administrasi TNKB Rp 30.000 dan Rp 50.000 untuk mobil.

Sedangkan STNK tarifnya Rp 50.000 untuk motor dan Rp 75.000 untuk mobil.

5. Ambil Pelat Nomor

112927_samsat5

Setelah pembayaran, maka petugas akan meminta Surat Ketetapan Pajak Daerah PKB/BBN yang biasa disatukan dengan STNK. Ini untuk mencocokan data-data dengan pelat nomor yang akan dicetak nanti.

Tunggu sekitar 45 menit maka pelat nomor mas bro akan selesai. Biasanya petugas menunggu sampai ada 10 pasang pelat nomor untuk dicetak.

6. Total Waktu

Total waktu yang dihabiskan untuk pengurusan pajak dan pembuatan pelat ini mencapai sekitar 3 jam pada hari kerja. Untuk akhir pekan biasanya lebih ramai maka kemungkinan akan lebih lama.

Semoga bermanfaat.

Sumber: Detik

Top Posts:

This entry was posted in Pajak and tagged , , , . Bookmark the permalink.

38 Responses to Cara Bayar Pajak Kendaraan 5 Tahunan dan Cek Fisiknya

  1. icconsultant says:

    mantep bener dah infonya sukses ya mas

  2. adhi says:

    Thanks infonya. BTW, selain biaya TNKB dan STNK baru, maka biaya tambahannya hanya pajak tahunan ya gan?

  3. lhulyk says:

    Kalo yg atas nama stnk ato bpkb sdh tdk ada gimana?

  4. Anonymous says:

    Kereeen. Pas banget sesuai kebutuhan nich. Mobil udah waktunya ulang tahun yang 5 tahunan. Sukses selalu.

  5. Anonymous says:

    bagaimana cara cek fisik kendaraan sementara kendaraannya ga di tempat (karena motor di luar daerah)?

  6. ano says:

    kecewa sama pelayanan samsat rancaekek, masa ane baru pertama punya motor kok jadi jatohnya pajak progesif dan dianggap punya motor ke 3, dan anehnya untuk mengganti stnk yg sdh tercetak harus bayar lagi 50rb aseem deh
    itu kan kesalahan petugas knapa ane yg jadi nanggung biaya kelebihannya

  7. ano says:

    beda di alamat yg tertera di stnk sama ktp ane gan,

  8. agus says:

    Kalo ktp lama bisa gk 0m? Kn ktp saya yg ektp blm jadi tuh

  9. samadi kendal says:

    Mau nanya bpk petugas samsat .isalnya mobil beli di semarang plat H .kebetulan mobil netap di jaw timur apakah boleh di perpanjang di jatim.sarat2 nya apa ya

  10. samadi kendal says:

    Mobil yang saya perpanjang udah mau ganti plat nomer apakah bisa

  11. siti says:

    maaf tanya, kalau selama 5tahun belum pernah bayar pajak apakah sama pengurusannya? dan bisa disamsat mana saja? terima kasih

  12. stinky says:

    Wah brrmanfaat infonya… haturnuhun kang.
    Baru baca blog ini, langsung saya bookmark hehe

  13. ad says:

    Mau nanya, saya baru beli motor bekas th 2010, bulan depan pajaknya habis, apakah perpanjang pajak 5 tahunan itu udah sekaligus pajak tahunan, atau pajak 5 tahunan beda pjaknya dengan yang tahunan?, nuhun kang

  14. Anonymous says:

    Terima kasih banyak informasinya Mas 🙂

  15. Anonymous says:

    maap mau tanya ni,, sy prnh krdit mtor th2011,bru 14x bayar mtor x d oper krdit __ nah msalnya skrang ada su rat dr samsat bhw mtor trbut tdk prnh d byr pjak.. trus knp sy yg hrus byar kn mtor nx jg dh sm orang llain dn tdk tau dmn??? gmn tu??

  16. CaraSim says:

    mudah juga ya ngecek pajak motor
    thanks ya

  17. Online Cara says:

    semakin mudah saja cek pajak kendaraan di jawa timur saat ini
    thanks infonya ya

  18. Anonymous says:

    Mas dlu pas beli motor saya pake KTP yang penulisan namanya salah. Terus semenjak urus eKTP nama di KTP disesuaikan dengan akte kelahiran. Nah untuk perpanjangan pajak karena harus menggunakan KTP. Apakah akan bermasalah nantinya ya? Terus untuk pengecekan fisik form nya harus ambil di samsat asli atau bisa diambil di samsat terdekat?

    Terima kasih

  19. Taufiqurrahman says:

    Saya mau nanyak kalok plat nomernya misalnya daerah surabaya trus saya ad d bandung bisa tidak aku perpanjang d bandung

  20. download apk android says:

    info menarik
    bisa cek tagihan pajak tepat waktu nih
    terima kasih ya

  21. sim hilang says:

    tempat ane kok beda ya.. terus ceknya juga gak serius kyaknya tuh

  22. ternyata bisa ya, bayar pajak 5 tahunan.

  23. Herman says:

    Motor saya daerah asal Jawa Timur, saat ini saya pakai di Kalimantan pas STNK mati saya numpang cek fisik bantuan di Samsat terdekat tapi setelah dikirim ke daerah asal, masa petugas disana tuntut harus motornya juga dibawa kesana??? Kan aneh! Terus fungsinya cek fisik bantuan dengan blangko yang sdh stempel & ttd lengkap petugas Polisi itu ga ada artinya????

  24. sahrul says:

    maaf pak saya mau tanya saya punya mtor mau bayar pajak plat 5thnan … tapi stnk motor saya hilang … saya harus bagai mana ? saya membuat stnk baru dulu terus memperpanjang pajak apa bisa bayar pajak tanpa stnk ???

Leave a Reply

Your email address will not be published.