Suzuki Satria, Sejarah dan Perkembangannya

140614 03

Perjalan panjang Suzuki Satria dimulai tahun 1997 terhitung sudah 17 tahun mengaspal di tanah air… wah udah ABG nih mas bro… Perjalanan panjang tersebut dibagi menjadi delapan bagian:

1997 – 1999

Pada masa itu Suzuki menamakan sang kuda besi dengan nama Satria 120S. Motor tersebut menggunakan mesin tegak 50 derajat 120cc 2 tak bertenaga 13 DK, sistem suspensi monosok, rangka SCAF dan transmisi 5 percepatan. Suzuki meng-claim spesifikasi tersebut sebagai yang pertama di Indonesia untuk kelas moped.

97-99

1998 – 2000

Di periode kedua ini Suzuki menamakan sang kuda besi dengan nama Satria 120R. Spesifikasi masih tetap sama seperti periode sebelumnya tetapi percepatan sudah bertambah dari 5 percepatan menjadi 6 percepatan.

2000 – 2003

Di periode ketiga ini spesifikasi masih tetap sama seperti periode sebelumnya tetapi ada penambahan double disc brake yang membuat cengkramannya semakin dahsyat.

2000 - 2003

2000 – 2004

Di periode keempat ini spesifikasi masih tetap sama seperti periode sebelumnya tetapi ada perubahan dari sisi design yang membuat tampilan sang Satria 120R tambah terlihat aggressive.

2000 - 2004

2004 – 2006

Di periode kelima ini Suzuki menamakan sang kuda besi dengan nama Satria F150. Tidak hanya spesifikasi yang mengalami perubahan tetapi design juga ikut berubah total. Yang sebelumnya 2 tak sekarang menjadi 4 tak, 150cc, DOHC, 4 valve, SACS dan oil cooling system dan design pun sudah berubah dari bebek menjadi ayam jago.

2004-2006

2007 – 2012

Di periode keenam ini spesifikasi masih tetap sama seperti periode sebelumnya tetapi ada perubahan dari sisi design terutama perubahan headlamp yang mengadopsi headlamp Suzuki GSX-R600 (klik disini) yang membuat tampilan sang Satria 120R tambah terlihat garang. Di periode ini TGB juga ikutan membeli sang jaran wesi… abis keren sie… (klik disini)

2007-2012

2012-2013

Di periode ketujuh ini spesifikasi masih tetap sama seperti periode sebelumnya tetapi ada perubahan dari sisi design terutama perubahan headlamp yang lebih ramping yang membuat tampilan sang Satria 120R tambah terlihat slim tapi galak. Di periode tersebut juga diperkenalkan varian Satria Fighter dengan stripping yang berbeda.

2013-2014

2013 – sekarang

Di periode kedelapan ini spesifikasi masih tetap sama seperti periode sebelumnya tetapi banyak penambahan fitur sehingga meningkatkan value dari Suzuki Satria itu sendiri seperti security alarm. Selain itu periode tersebut juga diperkenalkan varian Satria Black Fire dengan stripping yang berkarakter.

suzuki-satria-f-150-black-fire-ii

Semoga bermanfaat.

This entry was posted in Satria F 150 and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

19 Responses to Suzuki Satria, Sejarah dan Perkembangannya

  1. izin menyimak mas bro ya 😀

  2. orong-orong says:

    kok gak dilengkapi gambarnya gan?

  3. orong-orong says:

    maaf oot gan, bukanya dulu juga ada satria 125cc 2 tak? dan dari 2007 itu satria jadi 150cc. CMIIW

  4. Azis karim says:

    Dulu bebek sekarang ayam jago, besok jadi apa lagi yah ?

  5. Pingback: 93 Menit di Jakarta Fair Kemayoran 2014 | The Green Blog

  6. wtf170 says:

    gak berani om…ane jalan 60km/jam aja dengkul dah gemeteran

  7. apa lagi saya… baru masukin kunci kontak aja udah deg-deg an…..

  8. ninja150ss says:

    belagak amat sih tong,,,,???
    ane yakin fu ente fu alay pk ban tjatjing…

    😆

  9. Pingback: Analisa Bebek Super 150cc di Tahun 2015 | Sing Indo

  10. Pingback: radiator Next Suzuki Satria sepertinya lebih panjang | lamikgemini's Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published.